Pabrik Sel Baterai Hyundai di Indonesia Jadi yang Terbesar di ASEAN

Presiden Joko Widodo meresmikan produksi Hyundai Kona Electric terbaru buatan RI
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Karawang, 4 Juli 2024 – Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution baru saja meresmikan produksi sel baterai lokal di Indonesia, melalui joint venture PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power.

Hyundai Inaugurated Indonesia's First EV Battery Plant

Peresmian operasional pabrik ini menandai komitmen Hyundai Motor Group bersama pemerintah Indonesia untuk mempercepat visi memiliki ekosistem kendaraan listrik (EV) yang komprehensif.

Hyundai Motor Group menjadi merek pertama di industri otomotif Indonesia yang memberikan investasi substansial mulai dari pengolahan bahan baku, produksi sel baterai dan battery pack, hingga pengembangan jaringan stasiun pengisian daya nasional yang 100 persen dibuat di Indonesia.

Begini Kabar Terbaru Mobil Listrik Citroen e-C4 di Indonesia

Berpusat di Karawang, Jawa Barat, fasilitas ini merupakan pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas produksi 10 GWh per tahun.

Dengan nilai investasi sebesar Rp13,5 triliun, pabrik yang berdiri di lahan seluas 319.000 meter persegi ini membuktikan komitmen Hyundai Motor Group dalam mengembangkan ekosistem EV di Indonesia, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

Mobil Tesla Dijual Lebih Murah Tak Bikin Penjualan Meningkat

“Kompetisi kita dengan negara lain bisa kita menangkan karena kita mempunyai tambang seperti nikel, bauksit, tembaga, smelter, kemudian baterai EV dan pabrik mobil yang terintegrasi dalam ekosistem mobil listrik. Saya sangat menghargai investasi mobil Hyundai dan ekosistem baterai listrik yang terintegrasi antara Hyundai dan LG,” ujar Presiden Jokowi saat acara peresmian, dikutip VIVA Otomotif.

Produksi sel baterai lokal ini memposisikan Indonesia sebagai pemain utama di pasar EV regional, mendorong inovasi teknologi, dan memperkuat ekosistem EV di Indonesia.

“Kolaborasi ini menegaskan kembali bahwa dengan bekerja sama, Hyundai dan Indonesia dapat membentuk masa depan ekosistem EV, tidak hanya di Asia tapi di seluruh dunia,” tutur Executive Chair Hyundai Motor Group, Euisun Chung.

Hyundai Motor Group berkomitmen mencapai potensi penuh dari rantai produksi EV dengan memanfaatkan sel baterai yang diproduksi secara lokal oleh PT HLI Green Power.

Sel baterai ini akan dirakit menjadi battery pack oleh PT Hyundai Energy Indonesia dan digunakan dalam kendaraan Hyundai Kona Electric buatan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya