Viral Anggota DPR Pakai Mobil Rolls-Royce, Netizen: Uang dari mana

Rolls-Royce Cullinan Pelat Nomor DPR
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Anggota DPR memiliki pelat nomor khusus sejak 2021 untuk kendaraan bermotor yang mereka gunakan. Maka tidak heran jika mobil-mobil mewah yang pakai pelat DPR kerap menjadi sorotan di jalan raya.

Viral Toyota Alphard Pejabat Gak Peduli Lihat Truk Terbalik di Jalan Rusak

Salah satunya saat salah satu anggota dewan menggunakan Rolls-Royce. Melalui unggahan Instagram @rdmotorcars, terlihat Rolls-Royce Cullinan menggunakan pelat DPR terekam beredar di jalan dalam kota.

Mengingat harga mobil itu fantastis, netizen berkomentar terkait postingan tersebut. Sebagian menganggap gaji anggota dewan yang besar sehingga wajar bisa memiliki Rolls-Royce, tapi ada juga yang meragukan.

Barang Asal China Kena Bea Masuk 200 Persen, Anggota DPR Sebut Bisa Suburkan Barang Ilegal
Kenapa Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia Beda-beda? Ini Artinya

“Uang dari mana? DPR?,” tulis komentar salah satu netizen. Lalu ada juga yang menyebut, “Cukup dari gaji angota DPR ya? Enak ya jadi anggota DPR,” tulisnya.

Rolls-Royce Cullinan merupakan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) pertama pabrikan asal Inggris tersebut yang lahir pada 2018. Sebelumnya merek premium itu hanya membuat sedan berdimensi besar.

Desain Cullinan cukup tegas dari garis-garis vertikal yang kaku mulai dari pilar sampai ujung kap mesin, serta grill berlapis krop dengan aksen pelat serupa dengan versi sedan namun dibuat lebih tinggi, dan gagah. 

Mobil SUV super premium itu secara dimensi panjangnya lebih dari 5 meter, atau 5.341 mili meter, lebar 2.164 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 3.295 mm, dengan konfigurasi 5-penumpang.

Selain lebih jangkung dari versi sedan, kesan gagah dipertegas dari velg berukuran 22 inci model 7 palang, kemudian permainan dua warna pada bodi utama, antara silver dan hitam memberikan kesan elegan.

Cullinan dilengkapi sejumlah fitur canggih baik untuk mendukung kenyamanan, dan keamanan pengguna selama di jalan. Untuk pertama kalinya Rolls-Royce menanamkan teknologi buka bagasi otomatis, atau opening tailgate.

Menyesuaikan bentuknya yang bongsor, Cullinan dibekali mesin bensin 12 silinder berkonfigurasi V12 dengan 48 valve berkapasitas 6.750cc yang dapat memuntahkan tenaga maksimal 562 dk di 5.000 rpm, dan torsi 850 Nm di 1.600 rpm.

Menurut situs jual beli online, harga Rolls-Royce Cullinan dalam kondisi bekasnya Rp14-16 miliar dengan tahun produksi 2021-2022, namun ada juga yang mencapai Rp20 milairan tergantung kustom konsumen.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, atau TNKB DPR memiliki warna dasar pelat hitam, dan lambang negara ciri khas DPR RI kombinasi warna putih dan emas, dengan kode romawi di belakang, serta huruf di depan warna silver.

Untuk mengetahui besaran gaji, dan tunjangan anggota DPR sudah tertuang dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 dan Surat Menteri Keuangan nomor S-520/MK.02/2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya