Mobil China Pesaing Alphard Bakal Dijual Miliaran Rupiah, Siapa yang Beli?

Zeekr 009 Grand
Sumber :
  • Carnewschina

VIVA – Toyota Alphard, Vellfire, atau Lexus LM masih menjadi penguasa pasar mobil MPV kelas premium di Indonesia. Namun sebentar lagi, mobil mewah tersebut akan mendapatkan pesaing yang lebih canggih.

Vinfast VF 5 Resmi Dijual di Indonesia, Segini Harga dan Sewa Baterainya

Setelah Maxus Mifa 9 diperkenalkan di Indonesia sejak tahun lalu oleh Indomobil Group, dan kembali dihadirkan MG Motor di Februari 2024, ada lagi MPV mewah bertenaga listrik yang siap saingi Alphard.

Mobil tersebut adalah Zeekr 009 yang merupakan MPV listrik berbasis baterai yang akan dijual oleh PT Premium Auto Prima sebagai lengan penjualan Zeekr di Indonesia.

Ternyata Harganya Lumayan, Kabel SPKLU Mobil Listrik Jadi Sasaran Maling

ilustrasi gambar mobil Zeekr 009

Photo :
  • Carscoops

Secara spesifikasi sebenarnya Zeekr 009 bukan pesaing langsung Alphard, sebab mobil keluarga itu terlahir sebagai listrik murni, bukan hybrid, atau konvensional. Namun secarar harga sepertinya akan bersinggungan.

Indonesia Diserang Mobil China, Terus Apa Kabar Mobil Esemka

MPV yang didatangkan dari Tiongkok itu merupakan saudara kandung Volvo EM90. Mengandalkan baterai cell-to-pack 3.0, atau CTP serupa dengan konsep BYD Atto 3, dan Dolphin yang menyatu dengan sasis.

Komponen penyimpan energi listrik itu punya kapasitas besar, yakni 140 kWh. Bedasarkan pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle) jarak tempuh Zeekr 009 mencapai 822 kilometer.

Sementara dinamo listrik sebagai sumber penggerak rodanya bisa menghasilkan tenaga 400 kW, atau setara 536,4 dk. Sehingga untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam, hanya perlu waktu 4,5 detik.

Tergolong kencang untuk mobil keluarga dengan dimensi yang cukup besar, karena panjangnya mencapai lima meter lebih, atau 5.209 mili meter, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 3.205 mm.

Mobil MPV itu dapat menampung 6-penunpang dengan konfigurasi captain seat, mulai dari baris depan, sampai baris ketiga. Dilengkapi panoramic sunroof yang besar. Untuk sistem hiburannya mengandalkan head unit berukuran besar.

Selain itu terdapat layar dibagian atap untuk penumpang, terintegrasi dengan 20 speaker lansiran Yamaha, artinya ada satu mobil lagi di Indonesia yang pakai sistem pengeras suara besutan Jepang tersebut selain Mitsubishi XForce.

"Sebagai langkah awal, Zeekr bakal menghadirkan dua mobil listrik model Zeekr X, dan Zeekr 009. Kita melihat dua kendaraan ini sangat cocok di pasar Indonesia,” ujar Managing Director PT Premium Auto Prima, JinHong Lin Darwin.

Soal harga, Toyota Alphard Hybrid saat ini dibanderol Rp1,7 miliaran. Sedangkan Zeekr 009 di negara asalnya Rp1 miliaran, artinya tidak menutup kemungkinan saat dijual di Indonesia harganya bisa dua kali lipat lebih mahal. Kira-kira siapa yang beli mobil China semahal itu yah?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya