Lebih Laku Mana, Toyota Sienta atau Honda Freed di Pasar Mobil Bekas?

Honda Freed bekas
Sumber :
  • OLX

Jakarta – Pasar mobil bekas menjadi pilihan alternatif untuk para konsumen yang ingin memiliki kendaraan pribadi tanpa perlu mengeluarkan biaya sebesar saat membeli baru.

Pilih Mana, Daihatsu Gran Max atau Suzuki New Carry?

Beragam pilihan model, merek, dan tahun produksi memungkinkan pembeli untuk menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran konsumen mobil bekas.

Salah satu segmen mobil yang hadir dalam pasar mobil bekas adalah Multi Purpose Vehicle (MPV), dimana tipe kendaraan ini cukup digandrungi untuk masyarakat Indonesia karena kapasitasnya yang mampu menampung banyak orang.

Masih Banyak yang Incar, Segini Harga Mobil Bekas Honda Freed

Dalam segmen ini, ada dua model mobil yang seringkali ditanyakan calon pelanggan mobil bekas, yaitu Honda Freed dan Toyota Sienta.

Toyota Sienta

Photo :
  • dok. Toyota Astra Motor
Menguat Pagi Ini, Rupiah Diproyeksi Perkasa Sepanjang Hari

Untuk diketahui, Honda Freed sudah berhenti diproduksi pada 2015 lalu. Sementara Toyota Sienta baru saja dihentikan pembuatan serta penjualannya pada awal 2024 ini.

Kedua mobil ini memiliki beberapa kesamaan, salah satunya seperti fitur pintu geser. Namun, ada juga perbedaan pada keduanya, yakni di fitur, ukuran dimensi, performa mesin, dan harga.

Dari segi dimensi, Sienta memiliki panjang 4.235 milimeter (mm), lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm. 

Sementara dimensi Freed adalah panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Artinya, Sienta sedikit lebih panjang, namun Freed unggul dalam hal lebar dan tinggi.

Berkaitan dapur pacu, Freed menggunakan mesin 1.5L i-VTEC dengan tenaga 115 hp dan torsi 145 Nm. Transmisinya CVT dengan 7 percepatan.

Sedangkan, Toyota Sienta dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i dengan tenaga 107 hp dan torsi 140 Nm. Transmisinya sudah mengadopsi teknologi CVT, yang halus dan bebas sentakan.

Lebih lanjut, berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di pasar mobil bekas, Honda Freed lebih banyak diminati konsumen dibandingkan Toyota Sienta.

"Kalau banyak diminati, ya Honda Freed dibandingkan Toyota Sienta," ujar Andy selaku pemilik diler mobil bekas Jordy_mobil saat dihubungi VIVA Otomotif pada Senin, 1 Juli 2024.

Menurutnya, Honda Freed lebih memiliki keunggulan pada area kabinnya. Banyak konsumen yang sudah keluarga mengincar kelebihan ini.

"Banyak yang beli Honda Freed (bekas) ini untuk digunakan oleh Istri ya, mereka sih bilangnya area kabinnya luas terus pada bagian kursinya itu kan ada yang kosong tengahnya, jadi bisa taruh barang disitu," jelasnya.

Adapun terkait harga, Honda Freed ini dibanderol mulai dari Rp110 Jutaan hingga Rp140 Jutaan. Sementara, Toyota Sienta tahun 2017, dipasarkan Rp175 Juta.

"Harga itu beda-beda ya, tergantung pada tahunnya juga," tutup Andy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya