Ternyata Harganya Lumayan, Kabel SPKLU Mobil Listrik Jadi Sasaran Maling

SPKLU Tesla dirusak orang tak dikenal
Sumber :
  • Tangkapan layar TikTok @k9optima

California, 1 Juli 2024 – Stasiun pengisian Tesla Supercharger di Bay Area, California, baru-baru ini menjadi sasaran vandalisme. Para pelaku merusak setiap kabel pengisian di stasiun tersebut, membuat seluruh SPKLU tidak bisa digunakan.

Indonesia Diserang Mobil China, Terus Apa Kabar Mobil Esemka

Vandalisme terhadap mobil listrik Tesla bukanlah hal yang jarang terjadi, dan laporannya sudah muncul berkali-kali di masa lalu.

Tesla Supercharger juga rentan terhadap berbagai bentuk vandalisme dan penyalahgunaan, mulai dari kerusakan pada tempat pengisian hingga aksi ICEing, di mana mobil berbahan bakar gas memblokir tumpukan Supercharger.

Tanpa Model Baru di GIIAS 2024, Ini Kata Subaru

SPKLU Tesla dirusak orang tak dikenal

Photo :
  • Tangkapan layar TikTok @k9optima

Namun, kini muncul bentuk vandalisme yang aneh dan sangat mengganggu. Sebuah stasiun Supercharger di Bay Area dengan beberapa tempat pengisian sepenuhnya tidak bisa digunakan setelah para pelaku memotong setiap kabel dari SPKLU.

Diajak Jalan Ratusan KM, Segini Biaya Pakai Mobil Listrik Chery Omoda E5

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Teslarati, sebuah video di TikTok yang dibagikan oleh pengguna K9Optima menunjukkan insiden ini terjadi di Tesla Supercharger di Vallejo, California, yang terletak di belakang toko Target.

Kabel yang digunakan Tesla dalam Supercharger penuh dengan tembaga yang bisa diambil dan dijual untuk mendapatkan uang, yang kemungkinan besar menjadi alasan utama di balik jenis vandalisme ini.

Tampaknya ini menjadi bentuk baru dari serangan terhadap Tesla Supercharger, karena insiden serupa juga terjadi minggu lalu di Houston, Texas. Selain itu, pencurian kabel pengisian juga terjadi di Minneapolis, Minnesota, awal tahun ini.

Insiden ini bukanlah kasus yang terisolasi, yang sangat disayangkan karena Tesla Supercharger sebelumnya dapat menghindari jenis vandalisme dramatis dan berpotensi jangka panjang ini.

Tentunya, insiden ICEing sangat tidak menyenangkan, tetapi hanya berlangsung selama mobil memilih untuk parkir di tempat Supercharger, dan Tesla bahkan telah menemukan cara untuk melawan aksi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya