Buat Sultan Gak Masalah, Biaya Ganti Busi Mobil Ini Bisa Beli NMAX Turbo

Bugatti Veyron 16.4 diboyong ke Indonesia.
Sumber :
  • Dok: Prestige Image Motorcars

VIVA – Bugatti menjadi salah satu hyper car yang dimiliki kaum jenset, atau sultan di belahan dunia, karena mobil bertenaga buas versi produksi massal itu diproduksi dalam jumlah terbatas dengan harga fantastis.

Demi Curi Perhatian Wanita Ini Jualan Makanan Pakai Mobil Sport

Merangkum dari beberapa sumber, Bugatti Veyron sebagai model terlaris dibanderol puluhan miliar rupiah, dan tergolong masih terjangkau jika dibandingkan dengan Bugatti Divo, Chiron, dan model baru lainnya.

Bugatti Veyron edisi spesial

Photo :
  • Carscoops
Punya Mobil Ini Harus Siap Mental, Ganti Kampas Rem Saja Rp85 Juta

Berkaca dari banderolnya yang selangit, maka tidak heran jika perawatan hyper car buatan Prancis itu butuh biaya besar. Bahkan untuk mengganti busi saja, nilainya setara dengan Yamaha NMAX Turbo tipe tertinggi, bahkan lebih mahal.

Biaya penggantian busi Bugatti Veyron sempat diungkapkan oleh salah satu pemiliknya di luar negeri yang tidak disebutkan indetitasnya, seperti dilansir Carscoops, Sabtu 28 Juni 2024.

Penasaran, Segini Harga Mobil Ferrari Bekas

Bahkan busi yang dibutuhkan perlu inden, seperti diketahui Veyron memiliki mesin 16 silinder dengan konfigurasi W16, berkapasitas 8.000cc DOHC dengan 64 valve, bertenaga maksimal 1.200 dk pakai mode super sport.

Melihat jumlah pistonnya, hyper car itu butuh 16 busi sebagai sumber pengapian yang masuk ke ruang bakar. Harga satu busi 170 dolar Amerika, setara Rp2,7 juta maka secara total memakan biaya Rp43,200 juta.

Padahal busi untuk enjin W16 itu bisa diakali dengan busi salah satu mesin mobil Volkswagen yang harga satuannya hanya 18 dolar, atau setara Rp264 ribu.

Selain busi, pemilik Veyron yang disembunyikan identitasnya tersebut juga mengganti koil yang harga satuannya 730 dolar, atau setara Rp11,9 juta, jika komponen penyalur api itu sebanyak 16 pis maka biayanya Rp190 jutaan. 

Total pengeluaran penggantian dua suku cadang itu menghabiskan dana sekitar Rp233,600 juta, itupun belum termasuk ongkos, atau jasa pemasangan, karena untuk proses penggantian suku cadang itu terbilang rumit.

Semua bodi belakang dibuka, karena posisi mesin yang berada di tengah sasis. Belum lagi proses inden suku cadang koil yang membutuhkan waktu bulanan. Artinya sudah menjadi hal yang lumrah jika harga mobil mahal, begitupun biaya perawatannya.

Sama seperti yang dialami salah satu pengusaha muda di Indonesia yang sempat memposting biaya penggantian kampas rem Lamborghini Aventador di Instagram pribadinya, total ongkos, dan harga partnya mencapai Rp85 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya