Punya Mobil Ini Harus Siap Mental, Ganti Kampas Rem Saja Rp85 Juta

Lamborghini Aventador ganti kampas rem
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Setiap mobil membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap prima. Ada sejumlah spare part, atau suku cadang yang perlu diganti dalam waktu singkat karena seiring pemakaian, atau disebut fast moving.

Tragis! Begini Kronologi Pengemudi Mercy Ugal-ugalan Menabrak 6 Kendaraan di Surabaya

Salah satu suku cadang yang diganti rutin karena seiring pemakaian adalah kampas rem. Jika kondisi kampas rem sudah tipis, daya cengkram pengereman tidak maksimal karena tugasnya menjapit piringan.

Tentu sangat berhaya jika kondisi kampas rem sudah tipis, sehingga perlu diganti. Namun harga komponen yang berada di dalam kaliper tersebut biasanya ramah di kantong, tapi menyesuaikan banderol mobil.

Mobil dan Motor di Bandung Jadi Korban Tumpahnya Cairin Kimia, Cat Rusak Parah

Terutama untuk supercar, karena biasanya komponen yang terbuat dari campuran serbuk kayu, hingga aluminium fiber tersebut punya harga fantastis untuk mobil bertenaga buas, atau kelas premium.

Lamborghini Aventador S Roadster meluncur di IIMS 2018.

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto
Saham Honda dan Nissan Naik Usai Umumkan Merger

Salah satunya untuk Lamborghini, karena terlahir sebagai supercar dengan harga selangit maka pemiliknya perlu siap mental jika ingin mengganti salah satu komponen di dalamnya, termasuk kampas rem.

Baru-baruini pengusaha muda asal Indonesia, yaitu Melvin Tenggara membagikan keluh kesahnya saat mengganti kampas rem Lamborghini Aventador miliknya di Instagram pribadi @melvintenggara.

Dalam postingannya terlihat harga kampas rem Aventador sepasang Rp80 juta, sedangkan minyak rem Rp800 ribu dua botol menggunakan Loctite LB 8150, dan jasa pemasangan Rp4 juta, termasuk pajak, total Rp85,200 juta.

“Kadang hidup se-bencnda itu, mau pergi ada tulisan disuruh ganti kampas rem, auto gak enak badan. Ini baru kampasnya belum diskbrakenya,” tulis statusnya, dikutip, Jumat 28 Juni 2024.

Lamborghini Aventador pertama kali meluncur di ajang Geneva Motor Show 2011. Supercar besutan Italia tersebut menjadi model terlarisnya di pasar global, dan masuk Indonesia melalui importir umum.

Selama dipasarkan mobil kencang dengan kode LP 700-4 itu hanya mengandalkan mesin bensin 12 silinder, atau V12 tanpa turbo berkapasitas 6.500cc. Adapun masing-masing varian punya tenaga berbeda-beda.

Enjin dengan sistem pengabutan injeksi itu secara general dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 770 dk, dan torsi 720 Nm yang disalurkan melalui transmisi matik 7-percepatan.

Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 2,8 detik, dan bisa melesat sampai 350 km per jam. Di Indonesia harga supercar itu dalam kondisi barunya mencapai puluhan miliar rupiah.

Namun saat ini menurut beberapa platform jual beli online, banderol Aventador Coupe bekas lansiran 2012-2014 hanya Rp11-14 miliar. Berbeda dengan tipe SVJ atap terbuka yang masih tembus di angka Rp20 miliaran.

Sama seperti brand supercar lainnya, setiap model hanya bertahan dalam beberapa tahun. Serupa dengan Aventador, di mana pihak pabrikan memutuskan untuk menyetop produksinya sampai 2022.

Selama 11 tahun meramaikan segmen supercar, Aventador hadir dalam beberapa varian seperti S, SV, SVJ, dan Ultimate sebagai yang terakhir. Untuk edisi spesialnya ada Veneno, Centenario, Sian FKP 37, dan Countach LP 800-4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya