Mobil Sport Ini Pakai Bahan Bakar dari Sampah Plastik

Bertone GB110
Sumber :
  • Carscoops

Monaco, 22 Juni 2024 - Setiap tahun, Top Marques Monaco selalu menjadi ajang pameran mobil-mobil super dengan performa luar biasa dan desain yang unik. Pada edisi tahun ini, yang berlangsung awal bulan ini, Bertone memperkenalkan mobil sport terbaru mereka, GB110.

Sebuah Mobil Tertimpa Pohon Dekat Stasiun Gambir, PT KAI Ungkap Kronologinya

Meskipun mobil ini pertama kali diperlihatkan melalui serangkaian rendering detail pada akhir 2022, ini adalah kali pertama publik melihatnya secara langsung.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Bertone yang dikenal sebagai salah satu rumah desain otomotif paling ikonik, sempat bangkrut pada 2014. Namun, perusahaan ini berhasil dihidupkan kembali oleh dua saudara dan GB110 dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-110 Bertone.

Rubicon Mario Dandy Sudah Diserahkan ke Pemenang Lelang, Ini Dia Sosoknya

Yang membuat GB110 benar-benar menonjol di pasar adalah bodinya yang unik, berbeda dari yang lain. Desain bagian depannya sangat menarik dengan sepasang lampu depan yang ramping dan sepotong bodi tipis yang membentang di antara lampu-lampu ini, sedikit terangkat di atas kap mesin.

Bertone GB110

Photo :
  • Carscoops
Korut Kirim Lagi Balon Udara ke Korsel, Berisi Tinja hingga Baju Hello Kitty Bekas

Menariknya, Bertone mengklaim bahwa GB110 akan menjadi mobil performa tinggi pertama yang menggunakan bahan bakar dari sampah plastik. Bermitra dengan Select Fuel, perusahaan ini telah mengembangkan teknologi paten untuk mengubah bahan polikarbonat menjadi bahan bakar terbarukan.

“Kami percaya bahwa mengatasi polusi memerlukan solusi beragam dengan menggunakan berbagai teknologi. Sampah plastik harus diperlakukan sebagai sumber daya yang berharga. Melalui kemitraan kami dengan Select Fuel, kami mengubah sampah kembali ke bentuk aslinya,” kata Jean-Franck Ricci, CEO Bertone.

GB110 didukung oleh mesin V10 5,2 liter yang dilengkapi dengan sepasang turbocharger, menghasilkan tenaga sebesar 1.085 daya kuda dan torsi 1.100 Nm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi kopling ganda tujuh percepatan ke empat roda.

Hanya 33 unit GB110 yang akan diproduksi, namun harga belum diumumkan. Dengan inovasi bahan bakar dari sampah plastik, GB110 tidak hanya menawarkan performa tinggi tetapi juga solusi ramah lingkungan, menjadikannya pionir di dunia otomotif.

Bertone GB110

Photo :
  • Carscoops
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya