Bulan Depan BYD Siap Luncurkan Mobil MPV Calon Pesaing Innova

Booth BYD di IIMS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – PT BYD Motor Indonesia mempersiapkan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) bertenaga listrik yang digadang-gadang akan meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024.

Mobil keluarga ramah lingkungan yang dimaksud adalah BYD M7 yang merupakan versi penyegaran dari E6 baru generasi kedua yang digunakan Bluebird sebagai armada barunya di tahun ini.

Rubicon Mario Dandy Sudah Diserahkan ke Pemenang Lelang, Ini Dia Sosoknya

Mobil listrik BYD e6 versi MPV.

Photo :
  • Cartoq


Desain eksteriornya dibuat lebih minimalis, dan elegan dengan sebutan Dynasty Series seperti yang diterapkan pada Atto 3. Tidak terlalu futuristis seperti mobil listrik pada umumnya, namun tetap terlihat moderen, atau timeless.

Meskipun tampilan luarnya dibuat berbeda, namun dimensinya masih serupa, M6 dan E6 sama-sama memiliki panjang 4.695 mili meter, lebar 1.810 mm, tinggi 1.670 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.800 mm. Cukup besar untuk sebuah MPV 7-penumpang.

Namun jika dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova Zenix yang secara tidak langsung sebagai calon pesaingnya, dimensi M6 lebih kecil. Karena panjang MPV andalan Toyota itu mencapai 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Bukan hanya itu perbedaan lainnya, mobil keluarga besutan BYD itu ditawarkan dalam versi listrik berbasis baterai, dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Sedangkan Innova Zenix hanya mesin pembakaran, dan sistem hybrid paralel.

Untuk versi M6 EV yang akan masuk pasar Indonesia kapasitas baterainya masih sama dengan E6, berdaya 71,7 kWh (kilowatt hour). Dan menurut pengujian WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure), MPV listrik itu bisa berjalan sejauh 522 km (kilometer).

Untuk waktu pengisian baterainya dari 20 persen sampai 80 persen diklaim hanya butuh waktu 40 menit menggunakan fast charging listrik searah, alias DC berdaya 70 kW.

Kemudian interiornya juga dibuat agak berbeda, terutama dari fitur-fitur di dalamnya. Begitu juga dengan dapur pacunya, M6 mengadopsi dinamo penggerak roda depan milik Dolphin tipe tertinggi, secara tenaga lebih besar, yaitu 201 dk, dan torsi 310 Nm.

Bermodal tenaga yang lebih besar tersebut, M6 bisa berlari dari diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 8,6 detik.

Sebelumnya, sejumlah media sosial memposting M6 EV dalam wujud kamuflase sedang uji coba di salah satu jalan dalam kota, hingga kepergok di salah satu tempat pengisian baterai di rest area Jakarta-Serpong.

Saat dikonfirmasi terkait kehadiran produk barunya tersebut, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao, enggan berkomentar banyak. Namun dia menyebut bahwa pasar mobil MPV di Indonesia sangat menjanjikan.

"BYD biasanya melakukan serangkaian test untuk produk-produk baru kami (sebelum dijual). Tidak diragukan lagi, MPV tipe kendaraan yang sangat digemari di industri otomotif, dan kami sudah tahu sejak 3 tahun lalu. Mohon bersabar berikan kami waktu official resminya,"ujar Zhao di Jakarta, Jumat 21 Juni 2024.

Buat Orang Tua Ukur Diri Dulu Sebelum Beli Mobil Buat Anak
[dok. Humas PT KAI]

Sebuah Mobil Tertimpa Pohon Dekat Stasiun Gambir, PT KAI Ungkap Kronologinya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan keprihatinan atas terjadinya insiden mobil MPV yang tertimpa ranting pohon.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2024