Viral Suzuki Swift Terbaru Mengaspal di Jalanan Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Suzuki Swift 2024
Sumber :
  • Motoroids

Jakarta, 21 Juni 2024 –  Belakangan ini viral di sosial media penampakan Suzuki Swift terbaru sedang mengaspal di jalanan Indonesia. Tak ayal, mobil hatchback tersebut dirumorkan akan segera dijual di Tanah Air dalam waktu dekat.

Sebuah Mobil Tertimpa Pohon Dekat Stasiun Gambir, PT KAI Ungkap Kronologinya

Dalam beberapa foto yang beredar di sosial media, nampak Swift generasi terbaru berwarna biru electric ini melaju tanpa berbalut kamuflase. Seperti diketahui, mobil tersebut baru saja beredar di India.

Sedangkan di Indonesia sendiri, Suzuki Swift sudah berhenti produksi sejak 2017 lalu dan menggantikannya dengan model Baleno hatchback. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menolak komentar lebih jaul terkait Swift baru yang sedang tes jalan.

Rubicon Mario Dandy Sudah Diserahkan ke Pemenang Lelang, Ini Dia Sosoknya

Suzuki Swift

Photo :
  • Instagram

Donny Saputra selaku Deputy 4W Sales & Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa memang ada beberapa model yang saat ini sedang dalam proses study. Namun, ia enggan mengungkapkan informasi lebih lanjut terkait kehadiran Suzuki Swift di jalan raya tersebut.

Buat Orang Tua Ukur Diri Dulu Sebelum Beli Mobil Buat Anak

"Ada beberapa model yang saat ini kami sedang melakukan proses study. Untuk detailnya kami tidak bisa berkomentar lebih lanjut," kata Donny pada VIVA Otomotif, belum lama ini.

Bocoran Spesifikasi dan Harga

Di India sendiri, Swift terbaru ini hadir dalam banyak varian, yakni LXi, VXi, VXi (O) ZXi dan ZXi+. Harga termurahnya 649 ribu rupee atau setara Rp 120 jutaan, dan sedangkan yang termahal dibanderol Rp 180 jutaan.

Suzuki Swift terbaru memiliki dimensi panjang 3.860 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.500 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Suzuki Swift baru tersedia melalui dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. 

Swift menggunakan mesin dengan kode Z12E. Di atas kertas, mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga sebesar 60 kW (82 PS) di 5.700 rpm, dan torsi 108 Nm di 4.500 Nm. Selain mesin bensin biasa, Swift kini dibekali mild hybrid, dan sistem penggerak 4WD.

Suzuki Swift 2024

Photo :
  • Motoroids

Soal konsumsi BBM, Swift standar dan hybrid ringan menunjukkan angka efisiensi bahan bakar rata-rata masing-masing sebesar 23,4 kilometer per liter (kpl) dan 24,5 kpl, berdasarkan penghitungan Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure (WLTP).

Maruti Suzuki Swift terbaru didukung oleh mesin seri Z 1.2 liter, 3 silinder berteknologi Dualjet. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 hp dan torsi 112 Nm di 4.500 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya