Mobil Listrik Aion Y Plus Bakal Diproduksi di Cikampek

Pabrik GAC Aion di Guangzhou, China.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta – Pabrikan otomotif asal China, GAC Aion telah meluncurkan mobil listrik pertamanya untuk pasar Indonesia, bernama Aion Y Plus.

Jika Rusak Mobil Listrik Chery Omoda E5 Bisa Langsung Diperbaiki

Peluncuran ini menandakan komitmen perusahaan dalam mendukung era elektrifikasi di Tanah Air dan dinaungi oleh PT Indomobil Energi Baru. Tak hanya itu, GAC Aion juga telah membangun pabrik mobil listrik di Cikampek, Jawa Barat.

Andry Ciu selaku Chief Executive Officer PT Indomobil Energi Baru mengatakan bahwa pabrik produksi tersebut diharapkan bisa beroperasi pada kuartal keempat 2024.

Bea Cukai Terbitkan Izin Pusat Logistik untuk Dukung Kemajuan Industri Nasional

"Pabrik produksi kami (GAC Aion) bakal hadir di Cikampek dan diharapkan bakal selesai pada Q4 tahun ini," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di Senayan, Jakarta Pusat.

Mobil listrik GAC Aion Y Plus

Photo :
  • Arianti Widya
22 Pekerja Tewas dalam Peristiwa Kebakaran di Pabrik Baterai Hwaseong

Andry menegaskan pabrik perakitan mobil listrik Aion Y Plus ini tidak menggunakan fasilitas produksi di tempat yang sudah ada dan bakal memiliki kapasitas sekitar 50.000 unit per tahun.

"Pabrik perakitan milik GAC Aion ini akan memiliki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun untuk awalan. Kemudian bakal ditingkatkan seiring dengan permintaan," tuturnya.

Adapun, fasilitas produksi ini akan difokuskan untuk memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia sebanyak 40 persen.

"Saat ini kami ingin berfokus pada pemenuhan TKDN, awalnya masih 40 persen. Namun akan meningkat menjadi 60 persen," kata Andry.

Sebagai informasi, mobil listrik Y Aion Plus saat ini masih berstatus completely built up (CBU) atau impor secara utuh dari China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya