Punya Uang DP Belum Tentu Kredit Mobil Baru Disetujui Leasing, Kok Bisa?

SPG Cantik Hiasi GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Tidak semua orang mampu beli mobil baru tunai, sehingga jalur kredit menjadi pilihan. Setiap leasing atau lembaga pembiayaan memiliki skema kredit yang berbeda-beda untuk mempermudah calon debiturnya.

KPK Akui Dapat Petunjuk Baru Usai Sita Mobil Harun Masiku

Leasing yang bekerja sama dengan sejumlah brand mobil memiliki paket berbeda-beda untuk setiap model, baik secara uang muka alias DP (Down Payment), bunga, tenor, hingga angsuran per bulan yang ditawarkan.

Tapi agar lolos dari leasing, modalnya bukan sekadar uang untuk DP. Tapia da sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi, tujuannya agar tidak terjadi kredit macet, atau hal-hal yang tidak dinginginkan penyedia jasa pinjam tersebut.

Hyundai Creta N Line Sudah Uji Coba di Jalan, Kapan Mulai Dijual?

VIVA Otomotif: Ilustrasi kredit mobil

Photo :
  • Dok: OK Bank

Melansir keterangan resmi Auto2000, ada beberapa langkah atau tahapan yang wajib diketahui oleh konsumen. Tentu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan paket angsuran yang disediakan.

Stok Mobil Seabrek Bikin Harga Jual Turun

Kemudian membayar booking fee, atau mengisi formulis surat pemesanan kendaraan. Jika mobil yang dipesan unitnya tersedia sesuai tipe, dan warna pilihan, maka langkah selanjutnya dapat membayar DP.

Uang muka itu dibayarkan untuk pengajuan faktur penjualan kendaraan. Setelah itu ada proses dengan pihak ketiga, atau leasing, konsumen wajib menyiapkan persyaratan untuk menjalankan proses survey hingga pengajuan kredit disetujui.

Biasanya proses survey akan ada seseorang yang datang ke tempat tinggal dari pihak lising, untuk melihat langsung status dari kediaman calon debitur. Selain itu mengisi formulir sesuai data diri, hingga menyerahkan selip gaji.

Salah satu tim survey dari lembaga pembiayaan yang pernah berbincang dengan Viva Otomotif, mengatakan, bahwa pendapatan per bulan wajib tiga kali lipat lebih besar dari cicilan mobil yang diajukan, dan namanya bersih di BI checking.

Dia mengatakan, bersih yang dimaksud tidak pernah telat melakukan pembayaran saat kredit brang tertentu, lalu tanggungan yang masih berjalan nilainya tidak memengaruhi angsuran mobil baru yang sedang diajukan.

“Kalau sudah menikah dan sama-sama kerja bisa digabungkan pendapatan suami istri. Kalau tempat tinggal masih ngontrak enggak begitu pengaruh, tapi usahakan rumah sendiri,” kata salah satu petugas lising yang enggan dicantumkan namanya.

Jika sudah diloloskan oleh perusahaan pembiayaan, tahap selanjutnya menungu pengiriman unit jika ready stok. Setelah itu menyusul pengiriman STNK, dan pelat nomor mobil yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian. 

Artinya modal DP saja tidak cukup, konsumen perlu sadar diri dengan penghasilan per bulan untuk menyesuaikan cicilan, serta melengkapi persyaratan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya