Mitsubishi Targetkan Market Share XForce Sebesar 15 Persen, Ini Alasannya
- Dok: MMKSI
Berau, 29 Mei 2024 – Mitsubishi XForce diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 lalu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan bahwa target market share cuma 15 persen.
Sport utility vehicle (SUV) ringkas dari pabrikan berlambang tiga berlian ini diklaim sudah terjual lebih 2.000 unit sejak peluncurannya hingga akhir Desember 2023. Padahal, target awal cukup besar bahwa Xforce diproyeksi terjual hingga 20.000 unit pada 2024.
Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, penjualan Xforce cukup berkembang meski persaingan di segmen kendaraan SUV ringkas sangat ketat.
“Bicara Xforce ini segmen yang berkembang, hampir semua brand ada di dalam (segmen SUV ringkas). Jadi persaingannya cukup ketat,” kata Irwan, saat ditemui di Berau, Kalimantan Timur, belum lama ini.
“Saya pikir 15 persen target sudah cukup challenging sekaligus realistis, karena pemainnya banyak. Sejauh ini penerimaan kita umumnya cukup baik,” lanjutnya.
Soal spesifikasi, Xforce mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 1.500cc, yang mampu menghasilkan tenaga 104 daya kuda dan torsi 141 Newton meter. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT, yang terkenal akan kehalusan perpindahan giginya.
Mitsubishi tidak pelit dalam memberikan fitur-fitur canggih pada XForce, seperti Dual Zone Auto Climate Control dengan nanoeX yang membuat kabin senantiasa sejuk dan bebas bakteri hingga fitur keselamatan yang lengkap.
Tersedia Hill Start Assist, Active Stability Control (ASC), Cruise Control, Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Rear View Camera, untuk menjamin keamanan selama berada di jalan.
Mitsubishi XForce ditawarkan dengan harga Rp381,9 juta on the road Jakarta untuk tipe Exceed CVT, dan Rp414,9 juta OTR Jakarta untuk tipe tertinggi yaitu Ultimate CVT.