Mobil Hybrid Baru yang Cocok Buat Konglomerat, Tenaga Besar Tapi Irit BBM

Porsche 911 Carrera GTS Hybrid
Sumber :
  • Porsche

VIVA – Setiap pabrikan mobil berusaha menciptakan produk ramah lingkungan, begitupun dengan brand premium yang biasa memasarkan super car. Salah satunya Porsche yang baru saja merilis mobil hybrid baru.

HMID Ungkap Alasan New Hyundai Tucson Belum Dirakit Secara Lokal

Sebelumnya jenama asal Jerman itu memasarkan sport car listrik berbasis baterai terlebih dahulu, sebelum meluncurkan teknologi hybrid pertamanya yang tersemat pada Porsche 911 Carrera GTS edisi facelift.

Melansir Autocar India, Rabu 29 Mei 2024, Porsche 911 Carrera GTS Hybrid menjadi produk pertama mereka di pasar global yang menggabungkan mesin pembakaran dengan dinamo listrik sebagai sumber penggerak roda.

Benarkah Mobil Gerak Roda Depan Kurang Jago Nanjak?

Mobil hybrid pertama Porsche itu merupakan varian baru dari edisi penyegaran 911 Carrera GTS, namun soal harga jualnya belum dibocorkan. Dalam kondisi standar di pasar Indonesia harga barunya Rp5 miliaran.

Informasi harga tersebut berdasarman rangkuman Viva Otomotif dari sejumlah platform jual beli online, termasuk website importir umum. Artinya dengan teknologi hybrid, besar kemungkinan hargnya lebih mahal.

Mobil Nanjak Jalannya Mundur, Enggak Bahaya Tah?

Berkaca dari nominal tersebut, maka mobil hybrid baru itu cocok untuk para konglomerat, atau orang-orang kaya yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan namun tetap memiliki gaya sporti, dan tenaga besar.

Porsche 911 Carrera GTS Hybrid mengkawinkan mesin bensin berkonfigurasi enam silinder boxer berkapasitas 3.600cc turbo baru, dengan motor listrik serta baterai lithium-ion 1,9 kWh untuk penyimpan energi listriknya.

Perpaduan tersebut diberi nama T-Hybrid, atau turbo hybrid, salah satu perubahannya pada komponen turbin lansiran BorgWarner dilengkapi sistem pemulihan energi yang beroperasi menangkap gas buang.

Berkat ubahan itu mobil hybrid pertama mereka bisa menyemburkan tenaga maksimal 541 dk, dan torsi 610 Nm. Meningkat 60 dk, dan torsi 40 Nm dari model konvensional yang mengandalkan mesin 3.000cc twin-turbo.

Semua tenaganya itu disalurkan melalui roda belakang, untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 3 detik. Bahkan untuk melesat ke 160 km per jam hanya 6,8 detik, atau 0,9 detik lebih cepat dari sebelumnya.

Sementara jika mobil itu berlari dari diam ke 200 km per jam waktu yang dibutuhkan 10,5 detik, atau 1,1 detik lebih cepat, untuk kecepatan tertingginya dibatasi 312 km per jam. Mobil hybrid yang cukup buas di jalan.

Padahal secara bobot 911 Carrera GTS Hybrid lebih berat 50 kilogram, atau secara total berat mobil itu 1.595 kg. Di mana untuk berat baterainya sendiri 27 kg, namun karena disematkan pada bagian depan mobil maka meningkatkan distribusi bobotnya.

Meskipun tenaganya besar, namun berkat perpaduan turbo dan penggerak listriknya diklaim bahan bakarnya tetap efisien, alias irit untuk mesin sekelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya