Temukan Masalah di CX-90, Mazda Australia Langsung Gerak Cepat

Mazda CX-90
Sumber :
  • drive.com

VIVA – Ada potensi rem mobil aktif dengan sendirinya, Mazda Australia menarik kembali Mazda CX-90. Dilansir VIVA Otomotif dari Carexpert, sebanyak 509 unit Mazda CX-90 produksi 2023 di Australia yang harus ditarik kembali lantaran mengalami masalah pada Vehicle Control Module (VCM).

Terpopuler: Mobil Seharga Transferan Paula, Hilux Rangga Tidak Dibuat di RI

Fitur VCM pada Mazda CX-90 dilaporkan mengalami masalah kalibrasi, ketika mobil melaju di kecepatan rendah, VCM mendeteksi objek reflektif seperti dinding logam, penghalang, atau objek serupa di sisi jalan sebagai objek yang mendekat.

Kalibrasi yang salah ini berbahaya, karena dapat memicu perintah untuk mengaktifkan sistem pengereman darurat otonom.

Bagaimana Nasib Toyota Hilux di Indonesia Setelah Ada Hilux Rangga?

"Aktivasi rem yang tidak disengaja dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kematian bagi penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya," tulis keterangan dari Departemen Infrastruktur Australia.

Mazda CX-90

Photo :
Bikin Nangis Lihat Pajak Mobil yang Dipakai Gibran ke Hambalang

Perbaikan pada masalah kalibrasi VCM masih dipersiapkan pabrikan. Namun saat peralatan telah tersedia, pihak Mazda akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak dengan menyarankan membawa mobilnya ke diler Mazda terdekat.

Perbaikan dan pembaruan kalibrasi VCM di diler Mazda tidak dipungut biaya alias gratis.

Sebelumnya pada Februari 2024, SUV Mazda CX-90 dan CX-60 melakukan penarikan kembali karena masalah power steering di Australia.

Sebanyak dari 5.257 unit Mazda CX-90 dan CX-60 ditarik kembali, masalah ini disebabkan oleh cacat produksi yang menyebabkan roda gigi yang dipasang di rakitan power steering tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Akibatnya, pengemudi dapat mengalami peningkatan upaya kemudi yang tidak terduga.

Masalah itu dapat menyebabkan kejadian yang tak terduga pada power steering sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kematian pada penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya