Dipakai Raffi Ahmad, Sebanyak Ini Orang yang Beli Mobil Listrik Buatan Bekasi

Chery Omoda E5 dan Raffi Ahmad
Sumber :
  • Chery Sales Indonesia

Jakarta – Baru-baru ini Raffi Ahmad menunjukkan mobil barunya di media sosial, yaitu Chery Omoda E5 yang diklaim dia beli. Mobil listrik tersebut buatan PT Handal Indonesia Motor, yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi.

Hyundai Buktikkan Harga Tak Selalu Jadi Faktor Mobil Laku di Pasaran

PT Chery Sales Indonesia (CSI) sebagai produsen saat ini memanfaatkan pabrik tersebut untuk merakit, atau produksi lineupnya, termasuk mobil listrik pertama mereka yang digunakan oleh Raffi Ahmad.

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Photo :
  • Dok: Chery Sales Indonesia
Gak Perlu Ganti Total, Baterai Mobil Listrik Hyundai Bisa Diperbaiki Jika Rusak

Indonesia negara pertama di dunia yang meluncurkan Chery Omoda E5 pada Februari 2024, mobil listrik bergaya SUV (Sport Utility Vehicle) itu sudah memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) di atas 40 persen

Oleh sebab itu Omoda E5 dapat insentif diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10 persen. Dalam kondisi normal harganya Rp498 juta, namun Chery kasih promo khusus 4.000 konsumen pertama, yaitu Rp488,800 juta.

Konsumen Segmen Premium Ternyata Lebih Selektif Pilih Mobil Listrik

Mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP 61,06 kWh. Melalui pengujian WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure) jarak tempuhnya 430 km, dan pengujian NEDC (New European Driving Cycle) daya jelajahnya sejauh 505 km.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengisian dari kondisi baterai 30 persen sampai 80 persen hanya 30 menit dengan arus searah, alias DC fast charging. Chery Omoda E5 memiliki dinamo penggerak roda depan dengan tenaga maksimal 150 kW atau setara 204 dk, dan torsi 340 Nm.

Untuk sensasi yang berbeda terdapat 3 mode berkendara, yaitu sport, eco, dan normal. Untuk mengajaknya berlari dari kondisi diam sampai 100 km per jam butuh waktu 7,2 detik, dan kecepatan maksimalnya 173 km per jam.

Chery Omoda E5 memiliki konfigurasi 5-penumpang, desain ekteriornya terlihat sporty dan agak berbeda dari versi konvensionalnya, terutama dari grill depan yang dibuat rapat menyatu dengan bodi utamanya.

Mobil listrik tersebut juga dibekali segudang fitur canggih, diantaranya membaca kondisi pengemudi saat mengantuk, tersedia fitur perintah suara berbahasa Inggris, serta ADAS (Advanced Driving Assistant System).

Bermodal spesifikasi tersebut, mobil listrik yang dimiliki Raffi Ahmad itu cukup berhasil menarik minat konsumen. Menurut data mereka, penjualannya dari diler ke konsumen di April 2024 sudah ratusan unit.

Head of Brand Department PT CSI, Rifkie Setiawan mengatakan, Omoda E5 meraih total penjualan secara ritel pada bulan lalu mencapai 506 unit, atau menduduki posisi puncak sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia.

“Data pencapaian ini menjadi bukti bahwa model Omoda mampu dengan cepat mendapatkan kepercayaan dari konsumen Indonesia setelah hadir pertama kali pada tahun 2023 (termasuk Omoda 5 konvensional),” ujar Rifkie, dikutip dari keterangannya, Kamis 16 Mei 2024.

Sementara jika berkaca dari data Gaikindo, secara wholesales atau penjualan Omoda E5 dari pabrik ke diler di bulan lalu hanya 410 unit, artinya angka retailnya lebih tinggi dari pendistribusian unit mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya