Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Wuling Cloud EV
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Wuling Cloud EV menjadi salah satu pilihan mobil listrik terbaru, yang sudah bisa dipesan oleh masyarakat Indonesia. Kendaraan ini menawarkan kenyamanan berkendara dengan ragam fitur menarik dan modern.

Polisi Kantongi Identitas Begal Motor yang Tembak Korbannya di Tangerang

Bisa dikatakan mobil ini merupakan pendatang baru di Tanah Air, banyak yang penasaran bagaimana sensasi kenyamanan yang ditawarkan oleh Wuling Cloud EV.

Maka dari itu, Wuling Motors mengajak awak media termasuk VIVA Otomotif untuk melakukan test drive Cloud EV di jalan perkotaan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ratusan Unit Mobil China Tiba di Pelabuhan Indonesia, Punya Siapa?

Adapun saat menguji kemampuan Wuling Cloud EV, kondisi jalan cukup macet karena jam pulang kerja. Kendati demikian, mobil listrik ini mampu memberikan kenyamanan di dalam ruang kabin.

Wuling Cloud EV

Photo :
  • Arianti Widya
BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

Lebih lanjut, Wuling Cloud EV memiliki dimensi panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.652 mm dan wheelbase 2.700 mm.

Dengan dimensi tersebut, Wuling Motors melihat mobil listrik ini bisa masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).

"Kita menjadikan Wuling Cloud EV  sebagai medium hatchback. Tetapi bila dilihat lagi, mobil listrik ini bisa masuk juga ke dalam segmen MPV karena ruang kabinnya sangat luas dan ukuran bagasi juga besar," kata Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors di sesi media test drive dikutip VIVA Otomotif beberapa waktu lalu.

Kesan pertama yang dirasakan oleh kami saat membuka pintu mobil adalah Wuling Cloud EV menawarkan ruang kabin yang sangat luas dan juga minimalis. Pengemudi perempuan dengan tinggi 165cm merasakan head room dan leg room terasa sangat lega.

Tak terlalu banyak warna dan didominasi oleh warna hitam dan rose gold, mobil listrik ini menunjukkan kesan elegan. Ditambah dengan adanya jok mobil dengan desain Italian Bubble Sofa Style, yang bisa diatur secara elektrik enam arah di kursi pengemudi dan empat arah di kursi penumpang.

Interior Wuling Cloud EV

Photo :
  • Arianti Widya

Menariknya, jenis jok ini bisa dijadikan sofa juga sehingga bisa membuat pemilik kendaraan tiduran seperti layaknya di kasur.

Adapun, kursi juga sudah bisa diatur maju ataupun mundur, bahkan pemilik mobil juga bisa mengatur ketinggian jok kendaraan.

Mobil listrik Wuling Cloud EV juga sudah minim tombol fisik, dimana segala jenis pengaturan fungsi kendaraan sudah tersedia di layar Head Unit berukuran 15 inci.

Sementara semua informasi kendaraan dapat dipantau pengemudi melalui layar 8.8 Inch Multi Information Display (MID).

Saat berada di balik kemudi Wuling Cloud EV, kemudi juga sudah dilengkapi dengan fitur tilt dan telescopic, sehingga setir bisa diatur untuk maju, mundur, naik, dan turun, yang memungkinkan kami berkendara dengan nyaman.

Untuk diketahui, Wuling Cloud EV memiliki empat mode berkendara yaitu ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Saat memulai berkendara, kami mencoba dengan mode normal terlebih dahulu. Tak berapa lama, kami langsung mengubah mode menjadi ECO dan juga ECO+.

Kedua mode tersebut cocok bila digunakan di jalan perkotaan karena sensasi berkendara dengan torsi yang besar dapat dirasakan sangat halus ketika menginjak pedal gas secara langsung.

Wuling Cloud EV ini sudah dibekali baterai berkapasitas 50 kWh mampu menempuh jarak sejauh 460 km. Tenaga yang dihasilkan sebesar 135 hp dan torsi 250 Nm.

Suspensi kendaraan Wuling Cloud EV memang masih terasa agak keras, namun hal ini tertutupi dengan adanya kursi yang terasa empuk dan nyaman. Sehingga pengemudi dan penumpang di dalam mobil tak terlalu berdampak dengan hal ini.

Demi menjamin keselamatan dalam berkendara, ragam fitur keselamatan dihadirkan yang terdiri dari Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, sampai dengan 4 SRS Airbags turut mendukung perjalanan yang aman dan nyaman bagi para pengguna Cloud EV.

Menyoal harga, mobil listrik Wuling Cloud EV dibanderol Rp410 Jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya