Cicipi Mobil Listrik Seres E1 Harga Rp100 Jutaan, Enak dan Gak Sempit
- VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha
Jakarta, 3 Mei 2024 – Seres E1 menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang mau membeli mobil listrik dengan ukuran kecil dan harga murah. Mobil dari PT Sokonindo Automobile ini bisa Anda coba dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2024 hingga 5 Mei.
Seres E1 yang merupakan rival dari Wuling Air ev ini hadir dengan dua varian, yaitu E1 B-Type yang dipasarkan dengan harga Rp 189 juta dan E1 L-Type yang dianderol dengan harga Rp. 219 juta (on-the-road Jakarta).Â
Ukuran kendaraan yang ringkas, dengan panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, dan wheelbase sepanjang 1.960 mm serta ground clearance setinggi 135 mm. Seres E1 dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh untuk tipe B.
Dengan baterai tersebut mampu menempuh jarak maksimal sepanjang 180 km dalam satu pengisian penuh. Sedangkan Seres E1 L-Type memiliki kapasitas baterai 16,8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 km.Â
Baterai ini juga diklaim sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air. Performa Seres E1 tergolong cukup meyakinkan dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 25 kW (33 Hp) untuk Type B.Â
Serta 30 kW (40 Hp) untuk L-Type, serta menghasilkan torsi maksimal sebesar 100 Nm dengan menggunakan transmisi otomatis. Redaksi VIVA Otomotif mendapat kesempatan untuk menjajal varian L atau yang tertinginya.Â
Walaupun mobil mungil, namun saat masuk ke dalam masih terasa lega dan tidak sempit. Dari posisi berkendara, mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang cukup baik.Â
Masuk ke bagian dalam, terlihat warna dari keseluruhan interior berwarna baby blue yang membuat kabin terlihat cerah dan Eye-catching. Pada area dashboard sudah dilengkapi fitur-fitur yang sudah disemati teknologi touchscreen.
Uniknya pada Seres E1, transmisi perpindahan gigi berbeda dari mobil kebanyakan. Jika biasanya dibuat tombol putar, Seres E1 justru memberikan panel transmisi dengan menekan ke atas atau bawah untuk perpindahannya.
Visibilitas serta jangkauan ke tombol-tombol touch screen yang ada di bawah di head unit juga dirasa tidak ada kendala. Ketika menginjak pedal gas, sensasi torsi instan langsung terasa.Â
Sayangnya pengetesan akselerasi tidak bisa dilakukan maksimal mengingat arena yang terbatas di PEVS 2024. Namun saat melewati polisi tidur atau jalan bergelombang, suspensinya cukup aman dan nyaman.
Perihal keamanan, mobil ini sudah mumpuni dengan dilengkapi oleh Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake with Auto Hold (varian Type L), Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Electronic Stability Control (ECS).
Pada Type L Traction Control System (TCS), Anti-lock braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, Brake Assist (varian Type L), airbag system, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Cruise Control, Eco/Sport Mode, Energy Managing Display, dan Charging Status Display.