Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Chery Omoda E5 di IIMS 2024
Sumber :
  • Dok: Chery Sales Indonesia

Jakarta, 23 April 2024 –  Viral di sosial media sebuah mobil menabrak tembok mal saat sedang dipamerkan di MOI Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mobil tersebut adalah Chery Omoda E5, dan yang aneh apakah kondisi mobil listrik tersebut dalam kondisi menyala?

Diskon Hyundai Palisade, Varian XRT Bisa Tembus Rp50 Jutaan

Dalam video viral yang dilihat VIVA Otomotif di berbagai media sosial, mobil tersebut sudah menabrak dinding pertokoan area Mall MOI Kelapa Gading. Dinding yang dihantam mobil itu nampak dalam kondisi hancur.

Mobil tersebut melaju usai dikendalikan oleh seorang bocah pengunjung mall tersebut,dan disebutkan tak sengaja menginjak pedal gas. Salah satu tenaga penjual atau penanggung jawab Tenant Chery di MOI, mengungkapkan bahwa anak kecil itu memasukan perseneling.

Mobil Listrik Mewah Kian Ramai, Pilih Mana Mercedes-Benz EQE SUV vs BMW iX

Viral bocah tabrakkan mobil listrik Chery Omoda E5 di dalam mall

Photo :
  • Tangkapan Layar

"Awalnya emang anak kecil lagi main-main di dalam mobil terus masukkin perseneling. Langsung jalan mobilnya kenceng," ujar tenaga penjual tersebut kepada VIVA Otomotif.

Suzuki Kirim Sinyal Bakal Luncurkan Jimny Pikap 2 Pintu

Saat mendatangi lokasi kejadian, terlihat bagian yang rusak dari mobil listrik Chery Omoda E5 tersebut sudah tertutup kain hitam. Banyak netizen merasa aneh dan mempertanyakan, kok mesin mobil bisa menyala dalam mall? 

Cara Menghidupkan Mesin Chery Omoda E5

Mobil listrik Chery Omoda E5 diluncurkan di Indonesia oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) pada 5 Februari 2024. Dan merupakan mobil listrik asal China yang cukup canggih, dan memudahkan para pengendaranya.

Redaksi VIVA sendiri pernah mencicipi langsung mobil seharga Rp498.800.000 ini. Kenyataannya, memang cukup mudah untuk menyalakan mobil ini, karena pengemudi hanya perlu menginjak rem saja.

Dan mesin akan segera menyala, namun dengan catatan kunci mobil ada didekat pengemudi. Kemudian, saat menyala maka mobil akan dalam posisi transmisi P dengan rem parkir yang aktif.

Artinya, ada kecurigaan jika kunci mobil yang terjadi di MOI itu ada di dalam kabin atau tak jauh posisinya. Yang menarik lagi, untuk menjalankan mobil, pengemudi harus memindahkan transmisi ke posisi D.

Kabin mobil listrik Chery Omoda E5

Photo :
  • VIVA.co.id

Posisi tuas transmisi Chery Omoda E5 sendiri berbeda dengan mobil lainnya yang biasa ada di konsol tengah. Omoda E5 mitip dengan mobil Eropa, di mana transmisinya ada di sebelah kanan di balik setir.

Sedangkan tuas di sebelah kiri, untuk menyalakan lampu sein, lampu jauh dan juga wiper. Untuk melaju, pengemudi masih harus menginjak rem walau posisi transmisi sudah di D, dan membukanya secara perlahan agar mobil tidak langsung melaju dengan cepat.

Mobil ini juga tak memiliki tuas rem parkir elektrik. Si pengemudi bisa mengaktifkan rem tangan lewat head unit mobil dan men-swipe layar ke bawah dan memilih Electric Parking Brake (EPB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya