Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka
- VIVA/Yunisa Herawati
Jakarta, 15 Maret 2024 – Daihatsu menjadi salah satu pabrikan otomotif, yang juga mengembangkan kendaraan elektrifikasi. Mereka bahkan telah memiliki model yang dijual umum, salah satunya yakni Daihatsu Rocky Hybrid untuk pasar Jepang.
Namun sampai dengan saat ini, model tersebut belum dipasarkan di Indonesia meski versi mesin bensinnya sudah lama diedarkan.
Marketing Director and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani mengatakan survei internal mereka menunjukkan bahwa konsumen yang membeli mobil Daihatsu sebagai kendaraan pertama belum melirik kendaraan elektrifikasi.
"Kalau pembeli mobil pertama Daihatsu rasanya belum," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif saat acara buka puasa bersama media di Jakarta Pusat.
Agung menjelaskan, bahwa 70 persen konsumen Daihatsu adalah pembeli mobil pertama yang memiliki beberapa pertimbangan dalam membeli kendaraan.
Pertimbangan utama mereka adalah harga jual kembali kendaraan, daya tahan, dan pemahaman mengenai kendaraan elektrifikasi.
"Ketiga itu adalah masalah ketidak-pahaman mengenai electricity consumption. Konsumsi listrik di rumah dia kalau mengecas, kalau pakai hybrid seperti apa. Jadi itulah situasinya di first car buyer. Kami survei di seluruh Indonesia dengan jumlah yang cukup besar," tuturnya.
ADM masih mempelajari perkembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Agung belum bisa memastikan kapan perusahaan akan memperkenalkan kendaraan elektrifikasi pertamanya di Indonesia.
"Pokoknya menuju ke sana, ditunggu saja," katanya.