Impresi Pertama Berkendara Chery Omoda E5

Chery Omoda E5
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Tangerang – Calon pendatang baru di pasar otomotif Indonesia, Chery Omoda E5 siap meluncur pada awal Februari 2024. Sebelumnya, mobil listrik ini sudah diperkenalkan di ajang Gaikido Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus tahun lalu. 

Mazda CX-3 Versi Terbaru Bakal Tampil Eksis di GIIAS 2024

Mobil yang sudah di produksi secara lokal di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi, Jawa Barat ini diklaim telah mengantongi kurang lebih 400 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). 

Meskipun harga dari mobil compact SUV ini belum diketahui, ternyata banyak yang sudah tertarik dan penasaran dengan keistimewaan dari  Chery Omoda 5.

TAM Mudahkan Konsumen Cas Baterai Mobil Listrik dan PHEV Toyota

Pihak Chery Sales Indonesia (CSI) pun mengajak beberapa awak media termasuk VIVA Otomotif untuk mengetahui impresi pertama berkendara dari mobil listrik pertama Chery, Omoda E5. 

Kesempatan mengendarai dalam waktu singkat ini dilakukan di jalan umum mengelilingi sekitaran Scientia Square Park, Curug Sangereng, di Kabupaten Tangerang. 

Pakai Poco M6 bisa Berkreasi Sebebas-bebasnya

Mobil dengan ukuran panjang 4424 mm, lebar 1830 mm, tinggi 1.588 mm dan jarak sumbu roda 2.630 mm ini memiliki desain eksterior modern dan lebih futuristik dibandingkan dengan model Omoda konvensional. 

Test drive Chery Omoda E5

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya

Saat pertama kali membuka pintu, pandangan kami langsung tertuju pada kabin bernuansa elegan dan mewah. Sayangnya, menurut kami sebagai pengemudi dengan tinggi badan 165 cm, area kabin tidak terlalu luas. 

Sebelum berkendara, kami mencoba menyesuaikan posisi duduk yang bisa disesuaikan dengan menekan tombol yang sudah bisa dikendalikan secara electric. 

Setelah berada di posisi berkendara yang tepat, pandangan kami sangat jelas. Secara keseluruhan, visibilitas pengemudi cukup baik dari sisi depan, kanan dan kiri. 

Berkaitan dengan handling, Omoda E5 menawarkan sistem kemudi yang cukup baik dengan radius putar yang lebar. 

Mengusung teknologi listrik, pada awal mobil berjalan kabin terasa kedap seperti tidak ada suara mesin yang berjalan. Kemudian, mobil ini pun memiliki performa berkendara yang cukup baik karena tarikannya yang cukup halus, 

Hal ini dikarenakan, Omoda E5 menggunakan mesin Permanent Magent/Synchornous dengan kapasitas baterai 61 kWh, yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 204 daya kuda dan torsi maksimum 340 Nm. 

Chery Omoda E5 memiliki tiga mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Saat menjajal mobil ini, kami menggunakan mode Eco dan tenaga yang dihasilkan masih terasa halus. 

Satu yang disenangi oleh kami adalah keberadaan dari 540°HD panoramic image, dimana kami bisa melihat kondisi sekitar mobil saat hendak berbelok atau putar balik. 

Omoda E5 telah dilengkapi banyak fitur canggih lainnya seperti layar sentuh dual 24,6 inch dengan fitur konektivitas Bluetooth dan USB, sistem audio Sony berkualitas tinggi, Apple Carplay+Android Auto Intelligent voice interactive operation. 

Lalu, mobil ini telah disemati beragam fitur keamanan seperti sistem ABS (Anti-lock Braking System), 4-door window anti-pinch system, safety belt with pretensioner and load limiter, juga child safety door locks. Kemudian, ada juga 17 fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Tidak hanya itu, Chery Omoda E5 juga memiliki bodi high strength anticorrosive body, anti-theft alarm, 6 ring-type airbags, serta tire pressure monitoring system. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya