Ada Bocoran Teknologi Terbaru Mobil Hyundai

VIVA Otomotif: Hyundai Motorstudio
Sumber :
  • Dok: HMID

Seoul – Teknologi saat ini menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan, dalam pembuatan kendaraan. Seperti yang dilakukan oleh Hyundai, pada mobil yang mereka produksi dan pasarkan secara global.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 1 Juli 2024

Salah satu fitur berteknologi canggih yang disematkan pada beberapa model Hyundai, yakni kemampuan untuk melaju tanpa bantuan pengemud alias semi otonom.

Head of Autonomous Driving Development Group Hyundai Motor Company, Byoung Choon Lee mengatakan bahwa saat ini pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu sudah berhasil mengembangkan teknologi otonom level 2.

1.000 Unit Mobil Listrik BYD sampai ke Tangan Konsumen

“Untuk saat ini, di pasar global kami sudah meluncurkan kendaraan-kendaraan yang sudah diaplikasikan teknologi otonom level 2 seperti FCA (Forward Collision-Avoidance Assist). Kini, HMC berfokus untuk mengembangkan otonom level 4,” ujarnya di kantor Hyundai R&D Center, Namyang, Korea Selatan, dikutip VIVA Otomotif Selasa 18 Juli 2023.

VIVA Otomotif: Hyundai Ioniq 6

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Polisi Terbitkan DPO Penyewa Mobil Bos Rental yang Tewas di Pati

Byoung Choon Lee menuturkan, bahwa mobil buatan pabrikan otomotif lain juga sudah disematkan teknologi otonom level 2. Hanya saja, ada perbedaan pada bagian alat untuk memantau kondisi jalan.

“HMC menggunakan teknologi sensor dan radar. Kami berusaha mengembangkan dan memperoleh teknologi tinggi, dengan bekerja sama dengan perusahaan terbaik dalam produksi radar dengan kualitas terbaik,” tuturnya.

Menurut Byoung Choon Lee, pada tingkat otonom level 2 maka tanggung jawab untuk mengoperasikan kendaraan masih ada di tangan pengemudi.

Namun jika sudah memasuki level 3 dan 4, maka jika terjadi kesalahan yang berakibat pada insiden maupun kecelakaan maka tanggung jawab ada di tangan perusahaan pembuat kendaraan dan pencipta teknologi tersebut.

“Pada level 2, hanya terdapat fungsi automatic driving secara software. Pada level 3, teknologi yang lebih canggih diperlukan untuk mendukung kendaraan secara penuh,” ungkapnya.

Head of the R&D Division Hyundai Motor Group, Yong Wha Kim menjelaskan bahwa siapa yang bertanggung jawab atas kendali pada kendaraan otonom merupakan isu yang sangat penting.

“Untuk saat ini, hampir semua perusahaan kendaraan hanya memproduksi kendaraan yang masih pada level 2. Namun, kami percaya di masa depan kami pasti mendapatkan teknologi yang lebih tinggi sehingga bisa memastikan keamanan pada level 3 dan 4.

VIVA Otomotif: Hyundai Genesis G90

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya