Hankook Jadi Penyedia Ban untuk Mobil Listrik Toyota bZ4X

All New Toyota bZ4X
Sumber :
  • Toyota

VIVA Otomotif – Sejak Juni tahun lalu, perusahaan ban global Hankook Tire melengkapi kendaraan serba listrik pertama Toyota, bZ4X, untuk pasar Tiongkok. Kini, perusahaan menghadirkan Ventus S1 evo 3 ev yang akan tersedia dalam ukuran 235/60R18 dan 235/50R20.

All New Toyota Alphard PHEV Meluncur, Irit Juga Konsumsi BBM-nya

"Setelah sebelumnya terpilih sebagai penyedia suku cadang untuk Toyota Camry 2018 dan Corolla 2020, kami sangat senang untuk terus melanjutkan kemitraan yang berharga dengan Toyota, untuk kendaraan serba listrik pertama Toyota di China," ujar Wakil Presiden dan Direktur Kantor Pusat Inovasi Suku Cadang Global Hankook Tire Heonjoon Kim dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 17 Januari 2023.

Hankook Ventus S1 evo 3 ev dilengkapi ex works untuk memaksimalkan potensi penuh dari SUV listrik. Ban tersebut dapat menunjukkan peningkatan kinerja abrasi sebesar 5 persen.

Citroen Soroti Ketimpangan Insentif Mobil Hybrid dan Listrik

Hambatan gulirnya juga berkurang hingga 13 persen dibandingkan dengan model konvensional, melalui optimalisasi proses vulkanisasi yang diterapkan dalam pengembangan senyawa ban.

Terpopuler: Risiko Mobil Listrik di Kapal, Beratnya Penjualan Kendaraan Tahun Depan

Senyawa tapak ban Ventus S1 evo 3 ev juga telah diadaptasi terhadap kebutuhan torsi penggerak yang tinggi untuk sebuah mobil listrik.

Senyawa tersebut menampilkan karkas lapisan ganda yang terbuat dari serat berkinerja tinggi yang dikembangkan secara khusus, serta teknologi pengepakan bead-packing yang menawarkan stabilitas tinggi dengan bobot yang rendah dan relatif terhadap ukurannya.

Para insinyur juga merancang konstruksi bagian dalam area bahu untuk memaksimalkan traksi pada awal gerakan.

Keistimewaan lain dari Hankook Ventus S1 evo 3 ev adalah dirancang untuk mengurangi kebisingan ban hingga tiga desibel. Selain itu, ban tersebut juga diklaim dapat membantu bZ4X untuk berkendara baik di perkotaan dan off-road, serta menciptakan ruang yang santai dan tenang.

Menurut Heonjoon Kim, meski mobil listrik terlihat mirip dengan mobil bermesin pembakaran internal namun memiliki beberapa karakteristik unik seperti bobot baterai yang ekstra, torsi tinggi instan dari motor listrik, dan tidak adanya suara bising dari mesin.

“Itu sebabnya, mereka membutuhkan ban yang dioptimalkan untuk memenuhi persyaratan ini, dan kami bangga telah membangun posisi yang baik di segmen ban EV," tutup Heonjoon Kim. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya