Sepanjang Sejarah, BMW Group Catat Penjualan Tertinggi di Indonesia

Booth BMW di GIIAS 2021
Sumber :
  • Dok: BMW Group Indonesia

VIVA Otomotif – Mengawali pergantian tahun baru (2023), banyak para pabrikan otomotif mengumumkan penjualan mereka selama tahun lalu. Hal itu dilakukan sebagai catatan perusahaan dalam menjual produknya di industri otomotif.

Dukung Program Reboisasi Prabowo, Komisi IV DPR Bakal Sidak Perusahaan Nakal

Salah satu yang mengumumkan penjualannya datang dari merek dagang ternama yakni BMW. Diketahui, perusahaan asal Jerman ini kerap menghadirkan mobil mewah yang diincar oleh kaum sultan dengan harga fantastis.

Melalui BMW Group Indonesia, perusahaan telah menjual beragam kendaraan untuk konsumen tanah air. Adapun beragam produk yang mereka tawarkan mulai dari jenis sedan, MPV, SUV, hingga kendaraan listrik.

Setop Dijual di Indonesia, Honda Freed Jadi Mobil Terbaik di Jepang

Peluncuran the new 3 series BMW

Photo :
  • Arianti Widya

Bicara kembali soal penjualan, perusahaan yang menjual produk sejak tahun 2001 di Tanah Air ini sukses raih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah mereka. Sepanjang tahun 2022, pabrikan itu berhasil mencatat penjualan mencapai 3,742 unit mobil mewah.

Segini Harga Innova Zenix di Akhir Tahun 2024

Dalam rincian data perusahaan, mereka berhasil menjual terdiri dari 3,023 unit produk kendaraan BMW dan 719 unit mobil MINI. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 21 persen jika dibandingkan penjualan tahun 2021. 

Lantas, model apa yang memiliki penjualan tertinggi? BMW Group Indonesia memberitahu untuk mobil yang terlaris datang dari model Seri 3 dengan penjualan 576 unit dan tumbuh 19 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. 

Disusul dengan model lainnya yakni varian X dengan model BMW X3  terjual 489 unit, BMW X5 sebanyak 449 unit, dan mengalami pertumbuhan tumbuh 78 persen, sementara BMW X1 laku 392 unit di Indonesia. Untuk tipe sedan, model yang paling sukses dari Seri 5 yang berhasil mencatat penjualan sebesar 294 unit.

Sementara itu, untuk merek MINI model paling laris datang dari Countryman yang di rakit lokal menjadi model paling populer dan favorit pelanggan dengan penjualan 336 unit, diikuti MINI 3-Door terjual 260 unit. Kedua model tersebut memang kerap digunakan oleh kaum sultan untuk mobilitasnya.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis perusahaan, dan sebuah kebanggaan serta awal yang baik untuk tahun 2023 dalam menjual produk. Hal itu juga sebagai bentuk komitmen mereka bahwa produknya masih laris manis di pasar otomotif Tanah Air.

"Angka penjualan ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium kami berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Ramesh melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 13 Januari 2023.

Sekedar informasi, untuk jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK), didominasi pada ajang GIIAS 2022, terutama untuk rangkaian kendaraan full listrik. Ke depannya mereka akan terus menghadirkan produk premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri otomotif Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya