Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen
- VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
VIVA Otomotif – Pasar otomotif nasional catatkan raihan penjualan ritel sekitar 637 ribu unit selama periode Januari-Agustus 2022. Artinya, naik naik sekitar 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 527 ribu unit.
Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu hingga
Agustus 2022 tercatat sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 89.601 unit.
Secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,4%, naik sebesar 2,4% dibandingkan YTD Agustus 2021 sebesar 17,0%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tetap didominasi oleh top 3 model. Mulai dari Sigra sebanyak 31.043 unit, atau berkontribusi 25,1%, disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 28.650 unit (23,2%), dan Xenia dengan raihan 16.570 unit (13,4%).
Selanjutnya, terdapat Ayla dengan penjualan 13.968 unit atau 11,3 persen, Terios dengan 13.638 unit atau 11 persen, Gran Max (MB) dengan raihan 10.490 unit atau 8,5 persen, Rocky dengan 7.156 unit atau 5,8 persen, serta Luxio dan Sirion dengan penjualan 2.069 unit atau 1,7 persen.
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi penjualan nomor 2 otomotif nasional. Penjualan Daihatsu hingga 8 bulan ini bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).