Segini Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer di Malang
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif  – Baru-baru PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengeluarkan produk bernama Stargazer, yang masuk di segmen Low MPV atau Multi Purpose Vehicle. Kendaraan roda empat tesebut dirakit langsung pabrik yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Hyundai Bikin Kendaraan Tempur, Antipeluru dan Irit BBM

Kabar terbaru, perusahaan asal Korea Selatan itu mengajak awak media dalam kegiatan Stargazer Driving Day yang dilakukan di wilayah Jawa Timur, tepatnya Surabaya, Malang hingga Solo. Banyak kegiatan acara tersebut yang telah dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai 31 Agustus hingga 2 September.

Salah satu kegiatan dari test drive itu adalah melakukan pengujian efisiensi bahan bakar minyak (BBM) terhadap model ini. Untuk mengetahui seberapa irit mobil baru ini dalam pengujian dengan menempuh perjalanan dari Malang hingga Surabaya.

Hyundai Buka Suara Kenapa Mobil Listriknya Kalah Laku dari BYD

Hasil Test Drive Hyundai Stargazer di Surabaya

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif berkesempatan mendapatkan mobil nomor urut 12 yang telah melakukan jarak tempuh dalam pengujian sejauh 104,7 km. Kemudian untuk jalur yang kami lalui adalah jalan nasional dan juga jalan tol dengan kecepatan yang berbeda-beda, menyesuaikan kondisi lalu lintas.

Hyundai Santa Fe Hybrid Sudah Dipesan Sebanyak Ini, Mulai Dikirim November

Adapun imbauan yang dibuat oleh Hyundai dalam pengujian kali ini seperti, menggunakan mode berkendara eco, pemakaian AC secukupnya, dan kecepatan berkendara yang stabil dengan rata-rata 60 km/jam. Ketika masa uji coba, hasilnya cukup mengejutkan.

Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang mendapatkan hasil konsumsi rata-rata bensin 27,9 km per liter. Diketahui, mobil yang gunakan diisi penuh dan disebutkan bisa melaju hingga jarak 522 kilometer. Tetapi, saat sampai selesai area uji coba angka berubah menjadi 503 kilometer.

Terbukti, dengan penghitungan seperti itu, sepanjang 104,7 kilometer Hyundai Stargazer ini hanya menghabiskan bensin sebanyak 19 liter. Bisa dikatakan mobil tersebut irit bahan bakar dan nyaman digunakan selama test drive.

Bicara soal performa, model ini mengusung mesin Smartstream G1.5 MPI 4 silinder. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 115 daya kuda dengan torsi mencapai 143,8 Newton meter. Mereka mengklaim mobil inj hemat BBM karena dibekali teknologi Mutli Point Injection (MPI).

Sedikit informasi, VIVA mencoba menjajal mobil ini lebih kencang dengan kecepatan 80-100 km/jam. Dengan kondisi tersebut, mendapatkan angka konsumsi bensin 18-19 km/liter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya