Mobil MPV Buatan RI ini Siap Diekspor ke Luar Negeri

Mobil Hyundai Stargazer di Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif  – Mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) masih memiliki peminat di pasar otomotif global. Maka dari itu, banyak para produsen mobil yang mengeluarkan produk jenis tersebut untuk kebutuhan konsumennya.

Hyundai Bikin Kendaraan Tempur, Antipeluru dan Irit BBM

Kabar terbaru, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja meluncurkan produk bernama Stargazer. Diketahui, kendaraan tersebut diproduksi secara lokal yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Mobil MPV buatan Indonesia ini tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan pasar domestik, tetapi juga akan dieskpor ke luar negeri. Bahkan beberapa unit model tersebut sudah dirancang menggunakan setir kiri untuk tujuan pasar ekspor.

Hyundai Buka Suara Kenapa Mobil Listriknya Kalah Laku dari BYD

Hyundai Stargazer di Indonesia

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur menyampaikan dalam pabrik yang dibuat di Tanah Air ini juga memproduksi unit untuk dijual keluar negeri. Hanya saja mereka belum bisa mengungkapkan negara mana saja yang akan menjadi tujuan.

Mitsubishi DST Concept, XForce 7 Penumpang yang Akhirnya Meluncur di Filipina

"Kami bikin pabrik di sini karena kita jadi basis ekspor ke luar negeri juga. Negara manakah yang sudah siap untuk diekspor, sama berapa banyak, kami terus terang belom bisa buka," ujar Makmur di Malang, dikutip VIVA Jum'at 2 September 2022.

Menurut dia, setiap negara memiliki strategi komunikasi dan penjualan yang berbeda. Jadi, pihaknya enggan memberikan daftar negara penerima ekspor Stargazer untuk menghindari bocoran peluncuran produk baru di negara tersebut.

“Kami punya agreement dengan negara-negara tersebut. Bisa dikatakan mereka mau bikin 'spyshoot', eh tiba-tiba Indonesia bocorin, negara A sudah siap untuk ekspor, udah bocor ceritanya," tambahnya.

Namun, saat ini pihaknya tengah menunggu arahan dari prinsipal. Maka dari itu, perusahaan berlogo H ini memohon untuk menunggu info resmi lebih lanjut dari mereka. 

"Semua negara punya strategi saat mereka memberikan komunikasi. Makanya kami belum bisa ekspos itu karena akan masih dikomunikasikan ke mereka. Cuma memang pasti akan ekspor dan ada beberapa negara yang sudah kami siapkan," jelasnya.

Sedikit infomarsi, untuk harga satu unit Hyundai Stargazer ini dibanderol mulai Rp243 jutaan dan varian tertinggi ditawarkan Rp307 juta. Harga-harga tersebut sudah on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya