Banyak Orang Kaya di RI, Mobil Mewah Ini Ludes Terjual 10 Hari

Peluncuran All New Toyota GR86 di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Toyota GR86 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, pada 11 Agustus 2022.

HMID Ungkap Alasan New Hyundai Tucson Belum Dirakit Secara Lokal

Mobil sport tersebut ditawarkan dalam dua varian, harganya nyaris Rp1 miliar. Untuk All New GR86 tipe manual dibanderol Rp922 juta, dan matik Rp938,500 juta on the road Jakarta.

Lebih mahal dari saudara kandungnya, yaitu Subaru BRZ yang harganya hanya Rp800 jutaan. Tapi bagi orang kaya di Indonesia terutama pecinta sport car Toyota, hal itu tidak menjadi masalah.

Benarkah Mobil Gerak Roda Depan Kurang Jago Nanjak?

Buktinya selama pameran GIIAS 2022 berlangsung sekitar 10 hari, Toyota GR86 generasi kedua itu sudah ludes terjual. Jumlah surat pemesanan kendaraan, atau SPK yang dikantongi sudah melebihi kuota.

Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, All New GR86 untuk tahun ini hanya tersedia 27 unit. Sementara jumlah SPK yang masuk selama pameran, melebihi ketersediaan unit yang dikirim langsung dari Jepang.

Mobil Nanjak Jalannya Mundur, Enggak Bahaya Tah?

“All New GR86 habis terjual dengan jumlah 28 SPK, total pengiriman unit ke konsumen sampai akhir tahun cuma 27 unit, artinya ada satu orang yang harus menunggu sampai awal tahun depan,” ujarnya di Tangerang, dikutip Senin 22 Agustus 2022.

Toyota GR86 generasi kedua itu dipersenjatai mesin boxer, serupa dengan Subaru BR-Z dengan empat silinder yang ditempatkan serendah mungkin, agar mendapatkan pusat gravitasi lebih ke bawah untuk aerodinamis.

Blok mesinnya serupa dengan Toyota 86, namun volume silinder ditingkatkan dari 1.998cc yang di mana masing-masing piston hanya berukuran 86 mili meter, dibuah menjadi 2.387cc dengan diameter piston 94 mm.

Enjin berkode FA24 itu dapat memuntahkan tenaga maksimal 235 PS di 7.000 rpm, meningkat 17,5 persen dari versi sebelumnya yang hanya 200 PS. Torsi juga meningkat 22 persen menjadi 250 Nm di 3.700 rpm.

Tenaga besar yang dihasilkan dari mesin dengan gerak berlawanan horizontal itu disalurkan ke roda belakang, dengan pilihan transmisi manual, dan matik.

Mobil sport yang secara segmen berada di bawah GR Supra itu menggunakan rancang bangun TNGA, atau Toyota New Global Architecture, serupa dengan produk-produk terbaru Toyota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya