Mobil Buatan Vietnam Serius Tantang Tesla

Mobnas Vietnam Vinfast Mejeng di CES 2022
Sumber :
  • motorauthority

VIVA Otomotif – Produsen mobil asal Vietnam, yakni VinFast tampaknya serius menjadi penantang Tesla di pasar mobil listrik dunia.

Mobil Tesla Dijual Lebih Murah Tak Bikin Penjualan Meningkat

Bahkan, VinFast sudah punya target untuk tiga hingga empat tahun ke depan, agar bisa bertarung dengan raksasa mobil listrik.

Seperti dikutip dari Carscoops, Rabu 10 Agustus 2022, VinFast tak hanya punya pabrik di Vietnam, tapi juga akan membangun pabrik baru di Carolina Utara  Amerika Serikat, yang nantinya akan akan membuat 150 ribu unit mobil listrik pada tahun 2026.

Bursa Asia Kinclong Terdongkrak Penguatan Indeks Pasar Saham AS

Sementara kini pabrik VinFast di Haiphong memiliki kapasitas produksi 250 ribu unit mobil per tahun. Namun, pada 2026 nanti, mereka berencana menambahnya jadi 600 ribu unit.

Pabrik Mobil Vinfast Vietnam.

Photo :
  • Reuters.
Saham Asia Kinclong saat Investor Tunggu Rilis Laporan Bisnis di Kawasan

Sehingga, jika ditotal target produksi mereka bisa mencapai 750 ribu unit kendaraan per tahun pada 2026 mendatang. Selain itu, untuk mengejar target tersebut, VinFast telah merekrut 8 ribu karyawan baru di Vietnam.

Para pekerja tersebut akan ditugaskan pada bulan Agustus dan September, karena sebelumnya VinFast baru memiliki total jumlah pekerja sekira 6 ribu pegawai.

"Para karyawan baru ini direkrut untuk memperbesar produksi kendaraan VinFast. Staf baru, termasuk pekerja pabrik dan teknisi mulai bekerja pada Agustus dan September mendatang," tulis akun resmi VinFast di Facebook.

VinFast juga memastikan, pihaknya bakal merekrut 7.500 karyawan tambahan untuk nantinya ditugaskan di pabrik baru mereka di Carolina Utara.

Sejak dua hingga tiga tahun terakhir, VinFast memang terlihat serius merambah pasar kendaraan listrik di dunia. Bahkan, mereka disebut-sebut serius menantang jenama tenar asal Amerika Serikat, Tesla.

Sebagai langkah awal, mereka mulai memasarkan model VF8 dan VF9 buatan lokal ke Eropa dan Amerika Utara. VinFast juga memastikan, sudah ada permintaan ekspor 8 ribu unit VF8 untuk konsumen di Amerika Serikat. Kabarnya, permintaan tersebut harus sudah dipenuhi sebelum akhir 2022 nanti.

Tapi pekerjaan rumah VinFast sepertinya masih banyak, karena VinFast menargetkan 750 ribu unit yang kemungkinan akan tercapai di tahun 2026. Sementara, target Tesla adalah bisa memproduksi 2 juta unit mobil per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya