Mobil Listrik Mewah untuk KTT G20 Bali Mejeng di PEVS 2022

Hyundai Genesis G80
Sumber :
  • VIVA/M Indra Nugraha

VIVA Otomotif – Beragam kendaraan listrik dipamerkan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Salah satunya adalah mobil listrik super mewah yang bakal dinaiki para tamu VIP pada perhelatan KTT G20 di Bali, November 2022.

Pakai Teknologi Canggih, Neta X Tetap Fleksibel dan Aman

Mobil tersebut Hyundai Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5, yang bisa dilihat langsung secara dekat di di Hall C, JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara. Khusus untuk Genesis G80 adalah mobil dengan spesifikasi yang bukan kaleng-kaleng.

Genesis G80 pernah dijajal langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang, bulan Juni lalu. obil listrik yang berbasis Genesis G80 tersebut adalah produk pertama brand mewah Hyundai yang dibuat tanpa mesin pembakaran.

Wuling Cloud EV: Opsi Baru Mobil Listrik Ramah Kantong untuk Pasar Indonesia 

Sedan tersebut memiliki dimensi layaknya limousine, yaitu panjang keseluruhan mencapai 5 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi 1,4 meter. Desainnya moderen, dan tetap futuristis, mengandalkan penerangan utama LED, dan mempertahankan grill besar dengan Bahasa desain G-Matrix.

Dapur pacunya ditanami baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kW. Tenaga yang sanggup dihasilkan adalah 364,7 dk, dan torsi puncak 700 Nm.

Neta Janji Siap Kembangkan MPV Listrik di Indonesia

Kapasitas baterai yang besar sanggup membawa mobil mewah tersebut berjalan hingga 427 kilometer. Yang menarik adalah adanya 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang.

Hyundai Genesis G80

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha

Dalam kata lain, Genesis G80 ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, Genesis G80 Electrified memiliki total torsi 700 Nm.

Lewat bekal performa tersebut, Genesis G80 Electrified bisa berakselerasi dari 0 ke 100 Km/jam dalam waktu 4.9 detik. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai, dari kondisi 10 persen sampai 80 persen hanya 22 menit dengan fast charging, atau alat pengisian khusus yang memiliki aliran listrik 800 volt.

Sementara jika memanfaatkan sumber kelistrikan 11 kW, butuh 9 jam.  Genesis G80 ramah lingkungan itu dibekali segudang teknologi canggih, mulai dari sistem hiburan, hingga fitur-fitur keamanannya.

Untuk keamanan ada 10 air bag, electronic stability control agar mobil tidak tergelincir saat bermanuver. Kemudian hillstart assist control bertujuan tidak merosot saat melewati tanjakan curam, tanpa perlu menekan tombol parkir elektrik.

Mobil listrik Genesis G80 jadi kendaraan resmi di KTT G20 Bali

Photo :

Selain itu ada tire pressure monitoring system untuk mengetahui tekanan angina di masing-masing ban. Intelligent speed limit assist yang berfungsi memberikan informasi kecepatan pada pengemudi jika terlalu berlebihan, lane keeping assist agar mobil tidak keluar dari lajurnya, dan masih banyak lagi.

Di negara asalnya Korea Selatan, Genesis G80 Electric bisa dibeli sesuai keinginan konsumen, mulai dari bahan dasar interior, warna eksterior, dan lain-lain. Namun dalam kondisi standar, harganya mencapai 88,91 juta won, atau sekitar Rp1 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya