Mobil Rp100 Jutaan Ini Laku Puluhan Ribu Unit di Indonesia
- Viva.co.id/ Pius Mali
VIVA Otomotif – Penjualan mobil secara nasional pada Juni tahun ini mengalami peningkatan sebesar 35,8 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara jika dihitung sejak awal tahun, maka total distribusi ke konsumen naik 20 persen dari periode yang sama di tahun lalu.
Menutup semester pertama di 2022, Daihatsu berhasil mempertahankan posisi dua di daftar merek mobil paling laku di Indonesia. Posisi mereka tepat di bawah Toyota, yang memimpin selama bertahun-tahun.
Raihan penjualan ritel Daihatsu sampai dengan bulan lalu, yakni lebih dari 90 ribu unit atau naik sekitar 35 persen dibandingkan periode yang sama di 2021.
Pangsa pasar pabrikan otomotif asal Jepang itu juga naik menjadi 19,3 persen, dibandingkan periode Januari hingga Juni 2021 yang tercatat 17,3 persen.
Peluncuran New Sigra di Serpong, Tangerang
- VIVA.co.id/Pius Y. Mali
Pencapaian itu tidak lepas dari besarnya kontribusi beberapa model, yang selama ini menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu di Tanah Air.
Mobil paling banyak laku dari mereka sepanjang semester satu tahun ini adalah Daihatsu Sigra, yang belum lama ini mendapat penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya.
Kendaraan yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp129 jutaan on the road DKI Jakarta tersebut, laku sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi 24,5 persen pada enam bulan pertama tahun ini.
Kemudian diikuti oleh model Gran Max Pick Up sebanyak 21.162 unit (23,3 persen), dan Xenia dengan raihan 11.779 unit (13 persen).
“Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan, yang memilih Daihatsu dalam menemani berbagai aktivitasnya,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 13 Juli 2022.