Lebih Buas dari GR Yaris, Mobil Keren Ini Hadir Akhir Maret
- Toyota
VIVA – Toyota Gazoo Racing (GR) merupakan rumah modifikasi khusus mobil Toyota di berbagai kompetisi balap, salah satunya WRC (World Rally Championship). Produk yang dilahirkan dengan kode GR berbeda dari versi pabrikan.
Mobil yang diproduksi massal dengan kode GR baru-baru ini tertanam pada Supra terbaru dengan tenaga lebih buas, dan Yaris yang diproduksi terbatas dengan spesifikasi khusus mengejewantahkan dari edisi balap WRC.
Meski dijual dengan harga selangit, kedua produk tersebut laris manis. Mengingat pasarnya yang menjanjikan, Toyota berusaha memikat konsumen dengan mengandalkan nama GR di setiap produk yang mereka jual.
Kini giliran Corolla Hatchback yang akan mendapatkan sentuhan rumah modifikasi tersebut. Sebelum resmi dirilis, Toyota Amerika Serikat memberikan bocoran melalui video singkat, dan beberapa teaser di situs resminya.
Seperti yang diberitakan Paultan, dikutip Viva Otomotif, Selasa 29 Maret 2022, Toyota GR Corolla akan meluncur perdana di dunia pada 1 April 2022 siang waktu Asia, atau 31 Maret malam jika mereka tinggal di Amerika Serikat.
Berdasarkan foto-foto yang diunggah, terdapat tulisan GR-Four pada bagian bawah pintu samping. Maka sudah dipastikan, mobil hatchback tersebut dibekali penggerak empat roda seperti GR Yaris. Gimana dapur pacunya?
Masih menurut sumber yang sama, sedan buntung tersebut akan mengandopsi mesin milik GR Yaris, namun diduga ada peningkatan tenaga melalui penyetelan ulang sistem ECU (Engine Control Unit), karena bobot Corolla.
Mesin bensin yang dikembangkan untuk GR Yaris seperti diketahui memiliki tiga silinder berkapasitas 1.600cc. Dilengkapi turbo, dengan sistem intake dan knalpot yang disesuaikan untuk performa maksimal.
Sehingga mobil jenis hatchback itu dapat memuntahkan tenaga 272 PS, dan torsi 370 Nm. Disalurkan melalui transmisi manual Imt (Intelligent Manual Transmission) 6-percepatan ke semua roda, alias 4WD (four wheel drive).
Tenaga yang disalurkan mesin ke roda belakang dan depan berbeda-beda disesuaikan kebutuhan. Fungsinya agar menciptakan kontrol maksimal, sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui mobil tersebut.
Dalam kondisi standarnya, Corolla hatchback ditawarkan tiga varian dengan mesin 2.000cc bensin empat silinder, bertransmisi matik CVT (Continuosly Variable Transmission).
Sementara bocoran lain terkait Corolla bertenaga buas itu bagian eksteriornya. Pada fender depan, terdapat lubang udara, diduga untuk mengalirkan angin dari bagian depan, namun bukan sekadar aerodinamika.
Melihat dari bentuknya yang memanjang, dekat dengan sisi roda atas, sepertinya lubang udara itu juga akan membantu pendistribusian angina untuk mendinginkan kaliper depan saat melakukan pengereman.