Gawat, Mobil Listrik Tesla Bisa Ngerem Sendiri Secara Tiba-Tiba

Mobil listrik Tesla.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Mobil listrik asal Amerika Serikat yakni Tesla, ternyata punya masalah besar yang bisa membahayakan pemilik dan pengguna Tesla di jalan raya.

Gak Perlu Ganti Total, Baterai Mobil Listrik Hyundai Bisa Diperbaiki Jika Rusak

Beberapa konsumen yang punya mobil listrik canggih ini, melaporkan jika Tesla miliknya bisa berhenti secara tiba-tiba saat berkendara di jalan raya.

Dilansir VIVA Otomotif dari Carscoops, Senin 21 Februari 2022, para konsumen yang mengadukan Tesla miliknya suka berhenti mendadak terjadi, ketika para pengguna Tesla ini sedang mengaktifkan fitur adaptive cruise control, fitur yang seharusnya dapat membantu pengemudi, malah bisa membawa petaka.

Konsumen Segmen Premium Ternyata Lebih Selektif Pilih Mobil Listrik

Ketika fitur adaptive cruise control tersebut aktif, mobil sering mengerem mendadak ketika melaju di jalan raya tanpa sebab.

Tesla Model S edisi 2021

Photo :
  • Tesla
Menunggu Nasib Insentif Mobil Listrik di Indonesia

Parahnya, para konsumen tersebut malah mengaku jika kejadian itu tak hanya sekali, namun bisa terjadi berulang kali dalam satu kali perjalanan. Masalah tersebut membuat Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika Serikat

Atas kejadian ini, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) alias badan keselamatan lalu lintas dan jalan raya di Amerika Serikat (NHTSA), mengeluarkan laporan terkait masalah pada sejumlah mobil listrik Tesla. Pihak NHTSA memprediksi sebanyak 416 ribu, mobil Tesla yang tersebar di AS mengalami kerusakan tersebut.

Dalam penyelidikan sementara, NHTSA meyakini jika mobil listrik Tesla Model 3 dan Model Y lansiran 2021 hingga 2022 juga ikut mengalami kerusakan. Namun, tak memungkinkan juga berdampak pada mobil EV Tesla keluaran lama dan model lainnya.

NHTSA kemudian melakukan evaluasi awal, dimulai dari menyelidiki 354 laporan mengenai keluhan konsumen terhadap mobil listrik Tesla selama sembilan bulan terakhir. Yang mana, keluhan tersebut terkait dengan masalah pada rem yang tiba-tiba saja aktif

Investigasi kini terus berlanjut dan dilakukan bersama pihak Tesla. NHTSA juga tengah menyelidiki keputusan Tesla yang baru-baru ini menghapus sensor radar pada kendaraan Model 3 dan Model Y, yang mana mobil listrik keluaran terbaru hanya mengandalkan sistem kamera saja.

Sejauh ini Tesla belum berencana akan melakukan penarikan kembali (recall), terhadap ratusan ribu unit mobil listriknya yang dapat berhenti mendadak. Kalau terjadi lagi recall, berarti Tesla sudah tiga kali melakukannya pada bulan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya