Tesla Akhirnya Matikan Fitur yang Bisa Picu Kecelakaan Ini

Tesla Model S edisi 2021
Sumber :
  • Tesla

VIVA – Tesla akhirnya melakukan perubahan pada fitur Passenger Play yang memungkinkan game dimainkan di layar sentuh saat mobil sedang dikendarai. Ini menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh pihak regulator keselamatan mobil Amerika Serikat (NHSTA).

Mirip Smartphone, Mobil Listrik Juga Bisa Dicas Tanpa Kabel

Sebelumnya, NHSTA melakukan penyelidikan pada 580 ribu unit mobil Tesla yang dijual sejak 2017. Penyelidikan dilakukan pada fitur Passenger Play yang ditengarai bisa memicu kecelakaan karena bisa menurunkan konsentrasi.

Game tersebut awalnya hanya untuk penumpang dan diperlukan konfirmasi untuk memulai permainan. Tetapi, NHTSA mendapat laporan kalau fitur Passenger Play juga bisa dimainkan oleh pengemudi.

Terpopuler: Alasan Tesla Batal Investasi di RI, 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Motor Rusak

Tesla Model S edisi 2021

Photo :
  • Tesla

Karena hal itu, Tesla langsung menghubungi NHTSA secara langsung seperti dilansir dari The New York Times. "Passenger Play sekarang akan dikunci dan tidak dapat digunakan saat kendaraan bergerak," kata NHSTA.

Tesla Cancels Plans for EV Investment in Indonesia, Minister Says

Sebelumnya ada keluhan dari pemilik Tesla Vince Patton dari Oregon melihat video di YouTube yang menyoroti bagaimana Passenger Play dapat digunakan oleh pengemudi. Dia pun mengajukan keluhan kepada NHTSA, menggambarkan fitur tersebut sebagai kelalaian.

Konsentrasi saat mengendarai kendaraan memang menjadi hal yang tak bisa diganggu gugat karena menjamin keselamat penumpang dan pengemudi itu sendiri. NHTSA melaporkan 3.142 kematian di jalan di Amerika Serikat pada 2019 disebabkan oleh pengemudi yang konsentrasinya terganggu.

Pabrik baterai CATL di China kebakaran

Pabrik Pemasok Baterai Mobil Listrik Tesla hingga Hyundai Kebakaran

Kebakaran telah terjadi di sebuah pabrik di China yang dimiliki oleh pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia, yakni CATL.

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2024