Bukan Ngirit, Ini Alasan Xenia Baru Pakai Rem Tromol

Daihatsu All New Xenia.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Teknologi diciptakan untuk membuat hidup manusia jadi lebih mudah, hal ini juga berlaku di dunia otomotif. Seperti sistem rem cakram, yang memiliki kemampuan menghentikan mobil lebih baik ketimbang rem tromol.

Pameran Otomotif IIMS 2025 Digelar Mulai Hari Ini, Cek Harga Tiketnya

Meski demikian, jika diperhatikan saat ini masih banyak mobil baru yang roda belakangnya disematkan sistem rem zaman dahulu itu. Ternyata, hal itu bukan demi mengurangi biaya produksi agar harga jual lebih terjangkau.

Informasi itu diungkapkan oleh Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi saat hadir dalam acara media test drive Daihatsu All New Xenia di Jawa Tengah.

Cara Toyota Pangkas Emisi Bukan Cuma Lewat Mobil Listrik

Bambang mengatakan, bahwa pemilihan sistem rem tromol atau cakram sudah disesuaikan oleh tim riset dan pengembangan ADM dengan kebutuhan pengguna Xenia baru.

Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Viral, Pengendara Mobil di Palembang Lindas Sajadah di Masjid

“Jadi, pilihan rem cakram atau tromol kembali pada kebutuhan. Pernah melihat truk pakai cakram? Enggak kan,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Jumat 3 Desember 2021.

Bambang menuturkan, bahwa karakteristik dari rem cakram adalah lebih pakem, sehingga bisa menghentikan laju kendaraan dengan lebih cepat. Meski demikian, rem tromol punya keunggulan di hal lainnya.

“Dengan beban besar, rem tromol akan lebih kuat (menahan beban pengereman). Tapi secara responsivitas, oengereman akan lebih pakem jika memakai cakram,” tuturnya.

Alasan mengapa ADM menyematkan sistem rem tromol pada roda belakang Xenia baru, kata Bambang yakni berhubungan dengan kebiasaan pengguna Daihatsu Xenia di Indonesia.

Interior Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

“Orang Indonesia kalau masih ada ruang di dalam mobil, suka main isi saja. Dengan beban berat, rem tromol akan lebih kuat. Kedua, secara suhu akan lebih stabil, tahan panas,” ungkapnya.

Berikut daftar harga Daihatsu All New Xenia, dengan status on the road DKI Jakarta dan sudah termasuk insentif PPnBM:

1.3 M MT – Rp190.900.000
1.3 X MT – Rp193.900.000
1.3 X CVT – Rp209.200.000
1.3 R MT – Rp204.000.000
1.3 R MT ADS – Rp213.000.000
1.3 R MT SC – Rp205.500.000
1.3 R MT ADS SC – Rp214.500.000
1.3 R CVT – Rp219.300.000
1.3 R CVT ADS – Rp228.300.000
1.3 R CVT SC – Rp220.800.000
1.3 R CVT ADS SC – Rp229.800.000
1.5 R MT – Rp221.000.000
1.5 R MT ADS – Rp230.000.000
1.5 R MT SC – Rp222.500.000
1.5 R MT ADS SC – Rp231.500.000
1.5 R CVT – Rp233.700.000
1.5 R CVT ADS – Rp242.700.000
1.5 R CVT SC – Rp235.200.000
1.5 R CVT ADS SC – Rp244.200.000
1.5 R CVT ASA – Rp242.400.000
1.5 R CVT ASA SC – Rp243.900.000

Toyota Kijang Innova BEV

Komitmen Net Zero Emission Harus Berjalan Beriringan dengan Industrinya

Komitmen net zero emission atau nol emisi juga harus berjalan beriringan dengan sektor industrinya.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2025