Toyota Bongkar Rahasia Peluncuran Avanza
- VIVA/Jeffry Yanto
VIVA – Toyota Avanza menjadi topik yang sedang hangat dibicarakan di Indonesia. Kendaraan yang dijuluki mobil sejuta umat itu dikabarkan akan hadir generasi terbarunya, pada pameran GIIAS 2021 yang bakal digelar bulan depan.
Avanza merupakan mobil keluarga yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle atau MPV, dan bisa menampung hingga tujuh orang. Selama lebih dari 17 tahun, model ini sudah mengalami dua perubahan besar dan banyak pembaruan.
Versi baru disebut-sebut bakal mendapat ubahan yang cukup banyak juga, mulai dari transmisi otomatis jenis CVT hingga sistem penggerak roda depan. Beberapa bocoran wujudnya sudah banyak beredar, demikian pula dengan informasi harga.
Saat ditemui di Tangerang, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa ada alasan khusus mengapa Avanza bisa hadir mengisi segmen yang selama ini dikuasai oleh Toyota Kijang.
“Awalnya itu saat krisis 1998, saat itu harga Kijang naik hingga tiga kali lipat. Jadi, orang tidak punya pilihan ketika ingin beli mobil yang harganya seperti Kijang sebelum krisis,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Jumat 22 Oktober 2021.
Anton mengungkapkan, saat ia bergabung ke TAM perusahaan sedang sibuk menyiapkan model baru untuk mengisi segmen MPV dengan harga yang lebih terjangkau. Hasilnya, Avanza hadir perdana pada 2003 dan akhirnya menjadi mobil yang laku lebih dari satu juta unit.
“Kami tidak pernah berpikir membuat mobil dengan target laku satu juta unit. Kami hanya bikin kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar,” tuturnya.
Anton mengaku, meski saat ini pasar MPV mengalami sedikit penurunan akibat tren mobil jenis sport utility vehicle atau SUV, namun ia tidak khawatir calon pembeli Avanza akan beralih ke model lain yang sedang naik daun.
“Meski mengalami sedikit penurunan, tapi MPV tetap memimpin pangsa pasar,” ungkapnya.