Kualitas Velg Mobil Bisa Dilihat dari Cara Pembuatannya
- HSR Wheel
VIVA – Salah satu bagian yang paling sering diganti pada mobil supaya tampilannya lebih keren, yakni bagian roda atau velg. Ubahan dilakukan dengan memasang model yang ukurannya lebih besar, serta tampilannya menarik.
Harga yang ditawarkan di pasaran berbeda-beda. Tak hanya impor, saat ini juga ada pelek buatan dalam negeri yang kualitas dan desainnya tidak kalah bersaing.
Meski berasal dari merek yang sama, namun banderolnya bisa terpaut cukup jauh. Ternyata, hal itu dipengaruhi oleh cara pembuatannya yang terbagi menjadi tiga, yakni casting, flow forming dan forged.
Dari tiga cara tersebut, forged menjadi yang paling mahal dan kuat karena proses pembuatannya membutuhkan bahan baku yang berkualitas. Awalnya velg ini berbentuk aluminium padat, yang kemudian dipanaskan dan diberi tekanan tinggi.
Salah satu contohnya adalah velg HSR RAI-S3, yang didesain khusus untuk drifter nasional dan juga brand ambassador HSR Wheel, Akbar Rais. Komponen ini diproduksi dengan desain yang dirancang khusus untuk kebutuhan drifting, dengan ukuran 19 Inci dan proses pembuatan dengan metode forging.
“RAI-S3 adalah pelek edisi spesial Akbar Rais, desain pun kami sesuaikan dengan kebutuhannya sebagai seorang drifter,” ujar Direktur Pemasaran HSR Wheel, Hendra Wijaya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 10 Agustus 2021.
Karena menjadi edisi khusus, Hendra menjelaskan bahwa pihaknya akan membuat velg tersebut berdasarkan pesanan saja. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan mereka akan memproduksinya secara massal di masa depan.
Namun, Hendra menuturkan bahwa akan ada perbedaan antara yang dipakai oleh Akbar Rais dengan edisi yang dibuat dalam jumlah banyak.
“Kalau pasar menginginkan, maka RAI-S3 siap untuk diproduksi secara massal. Tentunya akan dibuat versi casting, untuk menekan biaya,” tuturnya.