Mobil Offroad Generasi Terbaru Diuji Tabrak, Cuma Rusak Sedikit
- screenshot Youtube
VIVA – Nama Land Rover Defender sejak puluhan tahun dikenal sebagai mobil offroad. Sebab, kendaraan ini memiliki desain 'kaku', serta dibekali berbagai fitur untuk menemani penggunanya berpetualang di alam bebas.
Kemampuan mobil dari pabrikan Jaguar Land Rover tersebut, tetap dipertahankan hingga generasi barunya. Bedanya, versi moderen ini memiliki desain dan teknologi otomoti kekinian untuk memudahkan pemakainya.
Meski Defender baru tetap dikenal sebagai mobil offroad, kendaraan ini ternyata sangat layak dikemudikan di jalan raya. Bahkan, produk otomotif Inggris ini bisa membuat pengemudi dan penumpang merasa aman ketika berada di dalamnya.
Keamanan pengemudi dan penumpang, serta kemampuan Land Rover Defender untuk melindungi pengguna jalan sudah dibuktikan melalui uji tabrak, dengan standar keamanan standar benua Eropa alias Euro NCAP.
Uji tabrak standar Euro NCAP tersebut, dilakukan pada Land Rover Defender 110 bermesin diesel 2.000cc setir kanan. Mobil offroad ini diketahui memiliki empat pintu untuk akses penumpang ke dalam kabin.
Melansir dari Carscoops, Kamis 10 Desember 2020, secara keseluruhan mobil offroad ini mendapat peringkat bintang lima, karena berhasil meraih skor tinggu untuk melindungi penumpang dewasa dan anak di kabin, pengguna jalan lain, serta fungsi dari fitur yang disematkan.
Untuk perlindungan penumpang di kabin, generasi baru Land Rover Defender ini mendapat poin 85 dari nilai 100 persen. Artinya, desain dan material yang dipakai oleh pabrikan Inggris itu bisa melindungi ketika kendaraan melaju di jalan raya.
Perlindungan untuk pengguna jalan lain, termasuk benturan pejalan kaki dengan kap mesin, memang hanya mendapat poin paling rendah, yakni 71 persen.
Peringkat bintang lima alias perlindungan sempurna itu, terbantu dengan fitur-fitur yang membuat mobil offroad meminimalisir kecelakaan dengan pesepeda, maupun kendaraan lain.
Baca juga: Mobil Buatan Cikarang Dijajakan di Brunei Darussalam.