Dilanda Pandemi, Peminat Merek Mobil Ini Justru Bertambah

Ilustrasi logo mobil Daihatsu
Sumber :
  • dok. ADM

VIVA – Pandemi membuat penjualan kendaraan bermotor turun drastis. Angkanya bahkan hampir 50 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Seva Tawarkan Cicilan Mobil Ringan di Penghujung Tahun, Ayla Rp2,4 Juta per Bulan

Namun kini, penjualan otomotif secara nasional mulai mengalami pemulihan menuju tren positif. Peningkatan distribusi dari diler ke konsumen sebesar 6 persen terlihat pada Oktober tahun ini, dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pada periode Januari-Oktober 2020, Daihatsu berhasil mempertahankan posisi peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan capaian retail sales sebesar 81.623 unit.

Harga Mobil Daihatsu Bisa Naik 5 Persen karena Hal Ini

Uniknya, angka tersebut secara pangsa pasar adalah sebesar 18 persen. Ini lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu, yang tercatat 16,9 persen.

Demikian pula dengan whole sales, yang dalam periode sama mencapai 77.471 unit dengan peningkatan pangsa pasar menjadi 18,4 persen, jika dibandingkan periode yang sama di 2019 sebesar 17,7 persen.

Daihatsu Bicara Potensi Hadirkan LCGC Hybrid di Pasar RI

Peningkatan Daihatsu itu tercapai berkat kendaraan mereka yang masuk dalam segmen komersial. Retail sales mereka pada Oktober 2020 yakni 8.135 unit, dan Gran Max pikap menjadi kontributor di peringkat satu sebanyak 2.827 unit atau 34,8 persen.

Urutan berikutnya ditempati Sigra dengan angka penjualan ke konsumen sebanyak 1.782 unit, lalu Ayla dengan angka 1.013 unit.

“Kami berharap, peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan”, ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 20 November 2020.

Selain membahas soal penjualan, PT Astra Daihatsu Motor juga mengumumkan bahwa mereka memiliki film animasi dengan judul Petualangan Didi dan Hatsu.

ADM membuat film pendek tersebut dengan konsep tayangan yang edukatif dan positif, yang siap menemani keseharian dan menjaga keceriaan anak-anak selama menghabiskan waktu seharian di dalam rumah. Acara ini dapat dinikmati melalui platform Youtube Daihatsu Sahabatku.

Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director ADM, Amelia Tjandra mengatakan bahwa meski anak-anak bukan menjadi target pasar mereka, namun saat mereka nanti sudah besar pasti akan membutuhkan kendaraan.

“Dan mereka bisa ingat, Daihatsu ada pada saat mereka membutuhkan juga,” tuturnya saat konferensi pers virtual belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya