Baru Meluncur, Mobil Gagah Toyota Laku Keras di Indonesia
- dok. Toyota Astra Motor
VIVA – Indonesia menjadi salah satu negara dengan angka penjualan produk otomotif tertinggi di Asia Tenggara. Setiap tahun, kurang lebih 1 juta unit mobil dan 5 juta unit motor diproduksi serta dipasarkan di dalam negeri.
Saat pandemi menyerang, angkanya merosot cukup banyak. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyatakan, ada koreksi angka penjualan dari pabrik ke diler pada tahun ini menjadi sekitar 600 ribuan unit.
Meski penjualan menurun, namun beberapa produsen kendaraan tetap menghadirkan model baru. Harapannya adalah agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian, berkat fitur-fitur anyar yang ditawarkan.
Seperti yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor. Pada Agustus kemarin, mereka meluncurkan sport utility vehicle yang diberi nama Corolla Cross.
Baca Juga: Untung Rugi Pasang Ban Profil Rendah di Mobil LCGC
Tipe 1.8 Hybrid A/T berbanderol Rp497,8 juta, sementara tipe 1.8 Gasoline A/T ditawarkan Rp457,8 juta. Keduanya merupakan produk kendaraan yang diimpor utuh dari Thailand.
Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa meski baru hadir kurang dari dua bulan, namun angka penjualan Corolla Cross sudah melebihi ekspektasi mereka.
“Data per 26 September kemarin, angka penjualan Corolla Cross sudah mencapai 531 unit. Padahal, target per bulan cuma 200 unit,” ujarnya saat konferensi pers virtual Astra, dikutip VIVA Otomotif Selasa 29 September 2020.
Dari jumlah itu, kata Anton, versi Hybrid mendominasi pemesanan sampai 70 persen. Sementara untuk Corolla Cross versi mesin bensin standar, hanya menyumbang 30 persen.