Rekam Jejak Mitsubishi Pajero Sport, Sebelum Banyak Dipakai Pejabat
- VIVA/Pius Mali
VIVA –Pajero Sport dikenal sebagai mobil berperawakan gagah, dan nyaman untuk dipakai di dalam perkotaan maupun melibas trek non aspal. Tak heran jika mobil ini kerap dipakai sebagai mobil dinas pejabat negara, kendaraan pengawalan, sampai penggunaan pribadi masyarakat kelas menengah.
Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura mengatakan, ketika membahas Mitsubishi Pajero Sport, kesan mobil reli Dakar sangat kuat. Sebab, mobil ini lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih 12 gelar kemenangan di ajang reli Dakar dengan 12 gelar.
Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. DNA mobil reli yang kuat, membuat SUV ini bisa menemani berbagai macam aktivitas dari para penggunannya, termasuk juga untuk konsumen di Indonesia.
"Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip VIVA Otomotif, Senin 27 Juli 2020.
Baca juga: Bugatti Luncurkan 'Mainan' untuk Anak 8 Tahun, Harga Mulai Rp500 Juta
Diketahui Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran reli Dakar terhitung sejak 1985 silam. Ajang ini didominasi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli padang pasir ini mulai tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.
Jika menilisik silsilah keluarga Pajero Sport, generasi pertamanya dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger, dan memulai debut pada 1996. Awalnya, mobil ini dipasarkan untuk konsumen di Jepang saja. Penerimaan yang positif, membuat mobil itu di ekspor ke beberapa negara setahun setelahnya.
Sukses dipasarkan ke berbagai negara, pabrikan otomotif berlogo 'Tiga Berlian' itu menghadirkan generasi kedua yang mengombinasikan DNA tangguh dengan kenyamanan mobil untuk aktivitas perkotaan. Generasi kedua Pajero Sport memulai debut di Tanah Air pada 2009.
Mobil yang dijual di Indonesia didukung mesin empat silinder berkapasitas 2.500cc DOHC Commonrail dengan turbocharged dan intercooled. Dua tahun berikutnya (pada 2011), Mitsubishi memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.500cc DI-D Commonrail.
Tahun 2013, SUV ini mendapat penyegaran baik eksterior dan interior yang membuatnya semakin sporty, dinamis,dan agresif. Setahun berikutnya, Mitsubishi Motors menambah varian baru dengan mesin bensin V6 MIVEC berkapasitas 3.000cc yang memiliki tenaga besar dan suara yang halus.
Generasi ketiga Pajero Sport juga diluncurkan dan dipasarkan di Indonesia pada 2016. Desain eksteriornya
didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield di bagian depan. Dapur pacunya memakai mesin baru 4N15 2.400cc MIVEC bertenaga 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.
Sejak diluncurkan 11 tahun lalu, SUV ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Hal ini bisa dibuktikan dari populasinya yang sudah mencapai 160 ribu unit.