Sejak Pertama Lahir Toyota Kijang Punya Kembaran

Toyota kijang dari generasi ke generasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA – Jelang menutup tahun 2015, PT Toyota Astra Motor menyajikan produk andalannya dari mobil keluarga di Indonesia, yakni All New Kijang Innova. Mobil keluarga ini mengalami penyegaran hampir di semua sektor, mulai dari desain eksterior, interior, mesin, serta penambahan fitur-fitur terbaru yang membuat tampilan lebih mewah.

Tak banyak yang tahu, Kijang ternyata sudah hadir di Indonesia selama 43 tahun. Ya, Kijang pertama kali melakoni debutnya di Tanah Air sejak 1977. Dipilih nama Kijang, untuk menggambarkan kelincahan hewan bertanduk tersebut.

Kijang Innova Semakin Susah Dikejar

Baca juga: Daihatsu Gak Mau Mimpi Jadi Nomor 1 di Indonesia

Toyota Kijang pertama kali hadir dalam bentuk pikap. Setahun kemudian, masyarakat mulai sadar akan kegunaan lain dari Kijang, yaitu untuk mengantar keluarga. Sebutannya cukup unik, yaitu Kijang Buaya. Konon, julukan ini timbul lantaran saat kap mesin dibuka, mirip dengan buaya yang sedang menganga.

Peluang Toyota Tawarkan Kijang Innova dengan Berbagai Jenis Mesin

Pada September 1981, TAM meluncurkan Kijang generasi kedua dengan bodi lebih halus, letak engsel pintu yang tersembunyi, serta kap mesin yang hanya membuka di bagian atas moncong.

Sama seperti Kijang Buaya, generasi kedua diberi nama Kijang Doyok karena dikaitkan dengan tokoh kartun Doyok di salah satu surat kabar harian ibu kota. Setelah itu, Toyota terus mengembangkan Kijang hingga menjadi Innova seperti sekarang ini.

Chery Tantang Toyota Avanza dan Innova dengan Senjata Rahasia

Toyota Kijang klasik.

Selain usianya yang sudah mendekati setengah abad, fakta lain yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa Toyota Kijang punya kembaran sejak generasi pertama. Mobil tersebut diberi nama Toyota Tamaraw, yang namanya juga diambil dari hewan.

Dikutip VIVA Otomotif dari Autoindustriya, Sabtu 20 Juni 2020, Tamaraw adalah sebutan untuk kerbau di Filipina. Toyota Tamaraw adalah kendaraan yang diproduksi di negara tersebut, dan desainnya mirip dengan Kijang. Bahkan, mobil ini lebih dulu dijual di pasaran, yakni pada Desember 1976.

Tamaraw dirakit oleh Delta Motors Corporations, rekan Toyota di Filipina yang aktif sejak 1962 hingga 1984. Adanya perbedaan pandangan politik, membuat perusahaan ini akhirnya tutup. Tamaraw kembali diproduksi pada 1988, saat Toyota resmi hadir di negara itu dengan investasi.

Honda BeAT 2025 edisi Malaysia

Terpopuler: Honda Luncurkan BeAT Baru, Kijang Innova Semakin Susah Dikejar

Berita tentang Honda luncurkan BeAT baru dan Kijang Innova semakin susah dikejar, banyak dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2024