Benarkah Diskon Besar Bikin Orang Mau Beli Mobil Baru?

Ilustrasi membeli mobil.
Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA – Potongan harga atau diskon menjadi magnet untuk pembeli mobil baru. Tak heran, jika tenaga penjual dari diler resmi berlomba-lomba memberikan potongan harga menarik, sehingga bisa menjadi pertimbangan saat konsumen hendak melakukan transaksi pembelian.

Harapan Keluar dari Stagnasi Penjualan Mobil Satu Juta Unit di 2025

Hal ini juga berlaku ketika hendak membeli mobil baru merek Daihatsu. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, diskon memang menjadi cara ampuh untuk menggoda konsumen, sehingga mau membeli mobil, dan pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan kendaraan bermotor.

"Diskon enggak besar. Lihat saja, diskon Daihatsu itu lebih rendah dibandingkan merek-merek mobil lainnya," ucapnya di Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019.

Penjualan Mobil 2024: Produk Tiongkok Geser Merek Eropa

Meski demikian, Amel menyebut, jumlah diskon yang diberikan kepada konsumennya tidak boleh sembarangan. Sebab, jika potongan harga yang diberikan terlalu besar, akan membuat merek otomotif Jepang ini mendapat konsumen yang tidak ideal.

Baca juga: DP murah untuk beli kendaraan bermotor, kurang ampuh naikkan penjualan

Cara Hyundai atasi Suramnya Industri Otomotif di 2025

Artinya, konsumen hanya memiliki dana untuk membayar uang muka setelah dipotong diskon, tanpa memiliki persiapan dana untuk pembayaran setiap bulannya. Tentu saja kondisi ini akan membuat perusahaan pembiayaan rugi, karena akan banyak konsumen yang tidak mampu membayar cicilannya.

"Kalau non performing loan tinggi, leasing akan rugi. Akibatnya, tidak akan bisa membantu penjualan mobil baru. Jadi, Daihatsu memberi diskon sewajarnya saja, agar tetap bisa mendapat konsumen yang memang mampu beli mobil," tuturnya.

Dealing Area Booth Daihatsu Siap Menyambut Pelanggan yang Bertransaksi.

Untuk besarnya diskon, kata Amel, berbeda-beda setiap modelnya. ADM sebagai agen pemegang merek, tidak ikut campur menentukan jumlah potongan yang diberikan kepada pelanggan, karena mekanismenya diatur oleh diler-diler resmi di seluruh Tanah Air.

"Kami sebagai APM enggak ikut-ikutan soal diskon. Diler yang mengatur sendiri, nanti disesuaikan dengan kemampuannya, agar tidak banting-bantingan harga," ujarnya.

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023

Ini Mobil Suzuki yang Paling Banyak Diburu Orang RI Menjelang Akhir Tahun

Penjualan mobil baru tahun ini menurun, dan semua brand mengalami hal serupa seperti halnya Suzuki. Di tengah merosotnya daya beli, Suzuki masih menempati lima besar dari

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024