Hyundai Kona Cocok untuk Konsumen Tipe Ini
- VIVA/Pius Mali
VIVA – Hyundai melengkapi jajaran produk yang dijual di Indonesia, dengan meluncurkan Kona. Mobil baru ini masuk ke segmen compact sport utility vehicle, dan menjadi pesaing bagi Toyota C-HR serta Mazda CX-3.
Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan, Kona yang dipasarkan di Indonesia mengandalkan mesin 2.000cc. Mesin tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.
"Memang ada dua pilihan mesin, 1.600cc dan 2.000cc, kami masukan yang 2.000cc, karena pengaruh harga. Kalau yang mesin 1.600cc, harganya enggak akan jauh, jadi yang kami bawa sudah sesuai," ujarnya di pameran IIMS 2019, yang digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat 26 April 2019.
Dengan kehadiran Kona, kata Mukiat, maka jajaran produk SUV Hyundai Indonesia semakin lengkap. Dia menjelaskan, adanya mobil baru tersebut tidak akan mengganggu pasar Tucson. Sebab, mobil tersebut ada di segmen medium SUV, sementara Kona diposisikan sebagai compact SUV.
Selain itu, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini juga membidik segmen konsumen berbeda untuk Kona. Konsumen yang diincar sebagai pembeli Kona, adalah mereka yang berusia muda maupun yang berjiwa muda.
"Jika dibandingkan dengan Tucson, berbeda. Kalau Tucson lebih ke middle age, Kona untuk anak.muda di rentang usia 25 sampai 30 tahun. Makanya, kami juga tampilkan pilihan warna yang memang terang-terang," tuturnya.