Mobilio Bukan untuk Konsumen Tipe Ini

Pramuniaga berpose di samping Honda Mobilio keluaran terbaru di Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Persaingan mobil segmen Low Multi Purpose Vehicle di Indonesia semakin ketat, sejak hadirnya Mitsubishi Xpander. Pemain lama berlomba-lomba menyegarkan produknya. Seperti PT Honda Prospect Motor, yang merilis Mobilio baru pada 21 Februari 2019.

Ini Mobil Suzuki yang Paling Banyak Diburu Orang RI Menjelang Akhir Tahun

Meski diberi penyegaran, peminat Mobilio tidak semoncer pesaingnya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil tujuh penumpang itu dari pabrik ke diler, pada bulan kedua tahun ini hanya 2.026 unit.  

Sedangkan, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza versi baru yang diluncurkan pada Januari 2019, pencapaiannya lebih besar. Dalam periode yang sama, penjualan Xenia 3.207 unit, dan Avanza 5.700 unit.

Harapan Keluar dari Stagnasi Penjualan Mobil Satu Juta Unit di 2025

Sementara, Xpander terjual 5.532 unit. Tapi dari sisi retail sales atau penjualan diler ke konsumen, Xpander masih paling laris, yakni 5.960 unit, disusul Avanza dengan 5.004 unit. Sedangkan, Mobilio hanya laku 923 unit.

Menanggapi hal tersebut, Marketing and Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy mengaku tidak masalah, jika penjualannya tidak sebesar kompetitor. Dia hanya menargetkan, penjualan Mobilio tahun ini 1.000-2.000 unit saja per bulan.

Penjualan Mobil 2024: Produk Tiongkok Geser Merek Eropa

“Masa konsumen enggak mau, kami paksa. Yang mau beli Mobilio, karena dia butuh. Segmen ada tiga (kelas Low MPV), daily user, smart buyer dan trend seeker. Kalau ada model baru, biasanya trend seeker bisa 80 persen kalau modelnya benar-benar bagus,” ujarnya di Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

Jonfis menyebut, karakter konsumen Mobilio ada di level pembeli pintar dan pembeli yang menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kami main di segmen ini belum terlalu lama. Konsumen kami belum ada yang mengulang (beli satu merek yang sama). Maka, target kami 1.000 unit lebih per bulan,” tuturnya. (re2)

Pengunjung GJAW 2024

Terpopuler: Risiko Mobil Listrik di Kapal, Beratnya Penjualan Kendaraan Tahun Depan

Berita tentang risiko mobil listrik di kapan dan beratnya penjualan kendaraan tahun depan, banyak dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2024