Jadi Mobil Terlaris, Berapa Sih Penjualan Avanza Tiap Bulan?

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Di tengah gempuran pasar, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis Avanza dan Veloz terbaru. Dengan penambahan fitur dan perubahan desain, harga mobil keluarga kelas rendah tersebut tidak mengalami kenaikan dari versi sebelumnya.

Harapan Keluar dari Stagnasi Penjualan Mobil Satu Juta Unit di 2025

Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmy mengatakan, pihaknya banyak melakukan pertimbangan hingga akhirnya memutuskan untuk tidak menaikan harga Avanza dan Veloz terbaru.

Kata dia, sejak masa pengembangan pihaknya telah mempelajari target segmen, dan di kelas Avanza banyak pihak yang menginginkan agar mobil tersebut punya nilai value for money.

Penjualan Mobil 2024: Produk Tiongkok Geser Merek Eropa

"Customer mampu membeli di harga berapa dan cicilan berapa. Itu pertimbangan kami, membuat harga biasanya paling gampang cost plus, cost-nya berapa kami naikin berapa. Tapi kami pertimbangan customer dan daya belinya di level berapa," ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Menurutnya mempertahankan harga adalah langkah yang tepat, di tengah persaingan pasar saat ini. "Karena kami ingin mencapai target posisi nomor satu, 30 persen market share. Daya beli masyarakat ada di level berapa, yaitu lah harga kami di situ," tuturnya.

Marak Aksi Pencurian Ban dan Pelek Mobil Toyota Avanza Saat Parkir

Jika melihat performa penjualan tahun lalu, di mana Avanza tiap bulan masih bisa terjual 6.800-an unit. Dengan model baru Toyota berharap bisa di atas 7.000 unit sampai 7.500 unit. Model ini pula yang dianggap bakal jadi penyumbang terbesar penjualan Avanza di Indonesia.

"Model yang diandalkan tentu Avanza, Veloz kami harapkan 30 persen dan Avanza 70 persen. Komposisinya fleet 25 persen untuk perusahaan. Jadi retailnya lebih dominan 75 persen," sambungnya.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil dari pabrik ke diler sepanjang 2018 mencapai 1.151.291 unit. Dari jutaan unit tersebut, Avanza model lawas yang menyumbang penjualan terbanyak dengan torehan angka 82.167 unit.

"Meski tahun lalu tren SUV bertumbuh, tahun ini rasanya MPV masih ada di market share yang sama karena tergantung introduce dari model-model baru. Harapan kami dengan Avanza baru ini, tentu MPV bisa tertahan dan mendominasi pasar, meski stagnan," tuturnya. (kwo)

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023

Ini Mobil Suzuki yang Paling Banyak Diburu Orang RI Menjelang Akhir Tahun

Penjualan mobil baru tahun ini menurun, dan semua brand mengalami hal serupa seperti halnya Suzuki. Di tengah merosotnya daya beli, Suzuki masih menempati lima besar dari

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024