Wuling Masuk Tiga Besar Mobil MPV Terlaris di Indonesia
- VIVA/Jeffry Yanto
VIVA – Mobil keluarga kelas menengah di Indonesia diisi oleh beragam merek, yakni Toyota, Isuzu, Nissan, serta pendatang baru asal China Wuling. Empat merek tersebut mencoba peruntungannya, dengan menawarkan produk terbaik di kelas medium MPV.
Terkait penjualannya, data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo memperlihatkan angka ribuan unit setiap bulannya. Toyota Innova, atau masyarakat kerap menyebutnya sebagai Kijang Innova, masih mendominasi penjualan wholesales mobil keluarga kelas menengah.
Dari data Gaikindo, Innova diketahui dikirim dari pabriknya ke diler resmi Toyota sebanyak 7.085 unit pada Oktober lalu. Mobil keluarga kelas menengah dari merek Toyota lainnya adalah Sienta. Multi Purpose Vehicle dengan pintu geser itu pada Oktober 2018 dikirim sebanyak 691 unit.
Pendatang baru asal Tiongkok, Wuling juga menawarkan produk mobil keluarga segmen menengah, yakni Cortez. Pada bulan ke-10 tahun ini, Cortez bermesin 1,5 liter didistribusikan ke diler sebanyak 50 unit, sedangkan Cortez 1.8 sebanyak 192 unit. Totalnya 242 unit.
PT Nissan Motor Indonesia sebagai agen resmi merek Nissan di Tanah Air, masih mengandalkan Grand Livina untuk bertarung di segmen mobil keluarga kelas menengah. Catatan data Gaikindo menunjukkan, penjualan wholesales Grand Livina tidak lebih dari 100 unit pada Oktober 2018, yakni hanya sebanyak 76 unit.
Penggemar mobil keluarga bermesin diesel yang memilih Isuzu Panther pun masih ada. Meski demikian, penjualannya tak sepadan dengan kompetitor lainnya. Data memperlihatkan, penjualan dari pabrik ke diler untuk mobil legendaris ini hanya mencapai 76 unit sepanjang Oktober lalu.