Jorjoran Pasang Iklan di Mana-mana, Wuling Kasih Penjelasan
- VIVA/Pius Mali
VIVA – Wuling Motors menjadi merek otomotif pendatang baru di Indonesia. Tak heran jika untuk mengkomunikasikan produknya, Wuling memasang iklan di beragam media, termasuk televisi.
Berdasarkan data dari PT Sigi Kaca Pariwara, belanja iklan merek otomotif Kuartal III-2018 mencapai Rp488,52 miliar. Angka ini naik jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang hanya mencapai Rp385,52 miliar.
Sementara untuk merek Wuling Motors tercatat menggelontorkan dana Rp39,48 miliar dan menjadi merek ketiga terbesar untuk belanja iklan otomotif.
Menanggapi data tersebut, Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan, data tersebut harusnya diverifikasi kembali.
"Mesti dicek lagi ya, kalau data dari Neilsen terkait advertising itu adalah gross expands, belum nett. Kalau nett belum sampai begitu. Kami ada (belanja iklan), maaf enggak bisa disebut," kata Dian di sela peluncuran Wuling Formo di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu 7 November 2018.
Dian tak menampik bahwa iklan menjadi cara ampuh untuk mengenalkan merek Wuling kepada masyarakat. Sebab, Wuling diketahui baru menjajal peruntungan di pasar otomotif Indonesia selama kurang lebih 15 bulan.
"Jadi memang ada strategi komunikasi massa yang kami lakukan itu untuk mempercepat orang mengetahui Wuling Motors, karena kan Wuling masuk Indonesia baru 15 bulan, jadinya memang kami membutuhkan strategi komprehensif baik dari mass media sampai ke bawah untuk mengenalkan Wuling lebih dalam," kata Dian.