Perang Merek China di Pasar Mobil Nasional
- VIVA/Muhamad Solihin
VIVA – Pasar kendaraan penumpang di Indonesia semakin meriah, setelah dua pabrikan mobil asal China datang sembari membawa investasi triliunan rupiah. Baik DFSK maupun Wuling hadir lengkap dengan pabrik dan diler masing-masing.
Kiprah Wuling sudah dimulai sejak tahun lalu, di mana mereka mengandalkan satu model saja sebagai awalan. Pada 2017, mobil keluarga Confero ternyata sukses menduduki peringkat ke-10 terlaris di Indonesia.
Sama seperti Wuling, DFSK hadir di Indonesia hanya dengan satu produk, yakni Sport Utility Vehicle Glory 580. Penjualannya selama bulan Juli 2018 hanya tercatat 43 unit.
Merek yang kerap disebut dengan nama Sokon itu mengawali debutnya di pameran Indonesia International Motor Show 2018. Selama tiga bulan, DFSK sudah mengirim 168 unit dari pabrik mereka ke diler-diler.
Sementara itu, Wuling kini punya model baru yang masuk dalam segmen mobil keluarga kelas menengah, yakni Cortez. Gabungan penjualan Confero dan Cortez pada bulan ke-7 tahun ini mencapai 1.128 unit.
Sepanjang 2018, posisi Wuling sebagai merek terlaris di Indonesia naik dua peringkat, dari ke-10 menjadi delapan. Selain dimiliki oleh pribadi, Wuling Confero juga dijadikan sebagai armada taksi.