Daftar Mobil-mobil yang Laris di GIIAS 2018

Booth Mitsubishi di GIIAS 2018
Sumber :
  • MMKSI

VIVA – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 sudah usai digelar. Beberapa pabrikan kendaraan sudah selesai menghitung surat pemesanan kendaraan atau SPK, yang mereka dapat selama 11 hari acara.

Bikin Tesla Keok, BYD Makin Mendominasi Pasar Mobil Listrik di China

Dari beberapa data yang diterima VIVA, penjualan pada GIIAS tahun ini tidak sebanyak gelaran sebelumnya. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya yakni tidak semua mobil baru yang dihadirkan bisa langsung dibawa pulang.

GIIAS tahun ini kan enggak menarik, mobil baru tapi harga belum keluar. Beda dengan GIIAS 2017," ujar Senior Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih kepada VIVA, Rabu 15 Agustus 2018.

Hasil Studi Ungkap Fakta Penyebab Utama Terhambatnya Pembelian Mobil Baru di Indonesia

Meski demikian, bukan berarti agen pemegang merek tidak jualan sama sekali. Contohnya Toyota Indonesia, yang sukses mendapat 6.022 SPK. Meski enggan menyebutkan secara spesifik, Toyota mengaku 3.662 unit atau 61 persen dari total penjualan masih didominasi kendaraan keluarga atau MPV.

Toyota Avanza Camper

Pasar Otomotif Lesu Tak Surutkan Minat Pembeli Mobil Chery

Mitsubishi juga bisa tersenyum, karena berhasil menjual 4.509 unit produk mereka. Padahal, target awal hanya 3.500 unit. Model terlaris masih dipegang oleh Xpander sebanyak 2.689 unit, disusul Pajero Sport 1.584 unit.

Stan Suzuki Indonesia tidak kalah ramai. Selama 11 hari pameran, mereka bisa mendapatkan 2.223 unit SPK. Mobil terbanyak yang dipesan konsumen adalah Ertiga baru sebanyak 659 unit. City car Ignis meraih angka pemesanan sebanyak 447 unit, diikuti Baleno Hatchback 388 unit.

Baru dua kali ikut pameran GIIAS, Mazda bisa tersenyum. Pada gelaran tahun ini, produk mereka sukses dibeli 1.079 konsumen. Kontribusi terbesar berasal dari Mazda CX-5, dengan total penjualan sebanyak 332 unit atau sekitar 31 persen.

Sementara itu, Daihatsu mencatat ada 716 unit yang laku selama pameran. All New Terios mendominasi penjualan sebesar 36 persen atau 258 unit. Kemudian, Sigra menyumbang sebanyak 18 persen atau sekitar 129 unit, Xenia sebanyak 13 persen atau 93 unit, dan Ayla 13 persen sebanyak 93 unit.

Daihatsu Terios Custom

Confero menjadi bintang di stan Wuling, karena dipesan 381 unit atau 61 persen dari total penjualan. Varian yang paling dicari adalah Confero 1.5. Sisanya adalah Cortez sebanyak 245 unit. Tipe yang paling diminati pelanggan adalah 1.8L Lux+. Total penjualan Wuling selama GIIAS 2018 yakni 626 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya